Pemadam Paris Berhasil Selamatkan Artefak dan Menara Utama Notre Dame

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 April 2019 - 09:47 WIB
Pemadam Paris Berhasil Selamatkan Artefak dan Menara Utama Notre Dame

GEOFFROY VAN DER HASSELT/AFP/Getty Images

PARIS, iNews.id - Struktur bangunan utama Katedral Notre Dame, Paris, diselamatkan setelah berjam-jam upaya pemadaman yang dilakukan petugas. Kebakaran melanda gereja bersejarah itu pada Senin (15/4) sore waktu setempat.

"Kami dapat mempertimbangkan bahwa struktur utama Notre-Dame diselamatkan dan dilestarikan," kata kepala pemadam kebakaran Paris, Jean-Claude Gallet, di luar katedral, seperti dilaporkan AFP, Selasa (16/4/2019).

Dia menyebut api yang melalap dua menara utama bangunan kini sudah berhasil dijinakkan.

Jean-Claude Gallet menuturkan, tugas utama saat ini adalah mendinginkan suhu di dalam katedral. Tindakan ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa jam.

Selain itu, petugas juga berhasil menyelamatkan beberapa artefak yang tak ternilai dengan bergegas masuk ke dalam gereja.

Dua artefak yang diselamatkan di antaranya Mahkota Suci Duri dan tunik suci yang dikenakan raja Prancis abad ke-13 Louis. Dua artefak tak tergantikan itu berhasil diselamatkan saat api masih berkobar di gereja.

"Petugas pemadam kebakaran juga bekerja untuk melindungi bagian belakang gedung di mana artefak paling berharga berada," ujar Gallet.

Gallet menjelaskan, pasca runtuhnya atap gereja, operasi pemadaman difokuskan untuk menahan inferno dan mencegah api menyebar ke dua menara gereja di fasad barat. Petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk mencegah menara ikut runtuh karena dilalap api yang terus membesar.

Di tengah kobaran api yang semakin membesar, seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka parah.

Wakil Menteri Dalam Negeri Laurent Nunez, yang juga hadir di lokasi kejadian, mengatakan bahwa untuk pertama kalinya api berhasil dipadamkan. Namun dia mendesak semua pihak untuk berhati-hati.


Editor : Nathania Riris Michico