Pembicaraan dengan Korut Buntu, Trump Segera Kunjungi Korsel

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 09:11 WIB
Pembicaraan dengan Korut Buntu, Trump Segera Kunjungi Korsel

Ilustrasi pernjian nuklir yang buntu antara AS dan Korut. (FOTO: doc. NBC)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) pada Juni mendatang untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae In. Lawatan ini bertujuan 'membujuk' Korea Utara (Korut) melucuti persenjataan senjata nuklirnya.

"Presiden Trump dan Presiden Moon akan melanjutkan koordinasi erat mereka dalam upaya untuk mencapai denuklirisasi final Republik Demokratik Rakyat Korea yang sepenuhnya diverifikasi," bunyi pernyataan Gedung Putih, menggunakan nama resmi Korut, seperti dilaporkan AFP, Kamis (16/5/2019).

Gedung Putih menyatakan kunjungan Trump ke Korsel akan berdekatan dengan kunjungannya ke Jepang dalam rangka menghadiri pertemuan puncak KTT G-20 di Osaka pada 28-29 Juni.

Trump melakukan upaya negosiasi dengan Korut sebagai prioritas utama. Namun, dua pertemuan puncak dengan pemimpin Korut Kim Jong Un tidak menghasilkan terobosan apa pun terkait pelucutan senjata nuklir.

Kunjungan Trump ke Korsel dilakukan setelah Korut melakukan uji coba rudal jarak pendek pekan lalu. Uji coba itu dilakukan bertepatan dengan kunjungan utusan khusus AS untuk Korut ke Korsel.

Korut menyatakan uji coba itu bagian dari latihan militernya. Namun Trump tak terlalu memusingkan peluncuran rudal itu.

Trump mengatakan, rudal yang ditembakkan sangat standar dan dia tidak melihat Korut sebagai "pelanggaran."


Editor : Nathania Riris Michico