Pembunuh dan Pemerkosa Pasangan Pengantin Baru Disuntik Mati di Texas

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 12 Desember 2018 - 11:11 WIB
Pembunuh dan Pemerkosa Pasangan Pengantin Baru Disuntik Mati di Texas

Alvin Braziel (43) disuntik mati di penjara Negara Bagian Texas di Huntsville. (Foto: AP)

CHICAGO, iNews.id - Pemerintah Negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS), mengeksekusi pembunuh dan pemerkosa yang dinyatakan bersalah atas serangan terhadap pasangan yang baru menikah pada 1993.

Dilaporkan AFP, Rabu (12/12/2018), Alvin Braziel (43) meninggal karena disuntik mati di penjara Negara Bagian Texas di Huntsville. Dia dihukum pada 2001 karena menyerang Douglas dan Lora White, yang baru menikah 10 hari.

Pasangan itu berjalan di jalan setapak di pinggiran Kota Dallas ketika Braziel, yang berusia 18 tahun saat itu, berusaha merampok mereka dengan menodongkan senjata.

Saat pasangan itu mengaku tidak punya uang, Braziel menembak Douglas White (27) dan memperkosa Lora White (23).

Pengacara tidak mengajukan banding akhir sebelum Braziel dieksekusi. Namun, pengacara Braziel menantang hukuman mati dengan alasan bahwa riwayat penyakit mental dan penderitaan kliennya seharusnya menjadi faktor yang meringankan.

Kejahatan Braziel tetap tidak terpecahkan selama bertahun-tahun hingga DNA-nya diuji pada 2001 saat menjalani hukuman atas serangan seksual lainnya. DNA Braziel cocok dengan sampel yang diambil setelah serangan pada Lora White.

Eksekusi Braziel merupakan yang ke-13 sekaligus yang terakhir di Texas.

Hanya ada 11 eksekusi tahun ini di semua negara bagian AS lainnya yang melaksanakan hukuman mati.


Editor : Nathania Riris Michico