Penerjun Payung Kanada Tewas saat Latihan Militer di Bulgaria, 2 Tentara AS Luka

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 19 Juni 2019 - 11:06:00 WIB
Penerjun Payung Kanada Tewas saat Latihan Militer di Bulgaria, 2 Tentara AS Luka
Ilustrasi penerjun payung saat latihan militer.

SOFIA, iNews.id - Seorang penerjun payung asal Kanada tewas dan tiga tentara Amerika Serikat (AS) terluka dalam latihan militer multinasional pimpinan AS di Bulgaria, Selasa (18/6/2019).

Juru bicara militer Bulgaria Violina Valeva mengatakan, tentara itu tewas dan tiga lainnya cedera ketika melompat dari ketinggian 400 meter pada Selasa pagi.

"Kecelakaan itu terjadi selama operasi di udara," demikian pernyataan kementerian pertahanan Bulgaria, seperti dikutip AFP, Rabu (19/6/2019).

Militer Kanada mengonfirmasi bahwa Patrick Labrie meninggal dan menyebut penyelidikan sudah diluncurkan.

Parasut yang digunakan Labrie disebut gagal terbuka saat berada di lapangan terbang Cheshnegirovo dekat Plovdiv, kota kedua Bulgaria.

Tiga penerjun payung AS menderita patah tulang lengan dan kaki, menurut televisi publik BNT, tanpa memberikan rincian lebih jauh.

"Semua korban segera diangkut ke rumah sakit setempat di mana satu dinyatakan meninggal, satu dirawat untuk evaluasi lebih lanjut, dua sudah mendapat perawatan dan boleh pulang," kata US Army Europe dalam sebuah pernyataan.

"Swift Response" -latihan militer yang dipimpin Angkatan Darat AS di Eropa- berlangsung antara 11-24 Juni di Bulgaria, Kroasia, dan Rumania. Latihan itu diikuti 5.600 tentara dari delapan negara, termasuk 1.495 penerjun payung.

Editor : Nathania Riris Michico