Pengemudi Ini Ditilang Setelah Tertangkap Kamera Menggaruk Wajah

Anton Suhartono ยท Senin, 27 Mei 2019 - 19:07 WIB
Pengemudi Ini Ditilang Setelah Tertangkap Kamera Menggaruk Wajah

Gerakan tangan Liu saat menggaruk wajah disangka menelepon (Foto: Weibo)

BEIJING, iNews.id - Teknologi canggih bukan berarti tak punya kekurangan, dia bisa melakukan kesalahan. Di China, seorang pengemudi mobil ditilang karena dianggap menggunakan telepon saat menyetir.

Kamera yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan menangkap pria itu sedang menggunakan telepon genggam, padahal dia hanya menggaruk wajahnya.

Dilaporkan Jilu Evening Post, pria bernama keluarga Liu itu sedang berkendara di Jinan, Provinsi Shandong, pada Senin pekan lalu. Tepat di depan kamera lalu lintas dia mengangkat tangan kanan untuk menggaruk wajah.

Setelah itu dia tiba-tiba menerima pemberitahuan telah melanggar aturan lalu lintas karena mengemudi sambil memegang telepon. Bersama pemberitahuan itu, Liu diberikan foto bukti saat dia menaruh tangan di wajah.

Dia mendapat dua poin untuk SIM dan harus membayar denda sebesar 50 yuan atau sekitar Rp105.000.

"Saya sering melihat orang sedang online sambil mengemudi dan menyentuh kaki (orang lain). Tapi hanya karena menyentuh wajah, saya juga melanggar aturan!" kata Liu, dalam keluhannya di akun Weibo.

Dia lalu membagikan foto dirinya saat menggaruk wajah yang kemudian menjadi viral. Di caption dia mengatakan menemui pihak berwenang untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Surat kabar Global Times melaporkan, otoritas lalu lintas kota telah membatalkan tilang dan mengatakan kepadanya bahwa sistem pengawasan lalu lintas secara otomatis mengidentifikasi gerakan pengemudi dan kemudian mengambil foto.

Itulah sebabnya mengapa gerakan menggaruk wajah disangka sedang menelepon.


Editor : Anton Suhartono