Penikaman di Australia, Satu Orang Tewas dan 3 Lainnya Terluka

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 10 November 2018 - 13:07 WIB
Penikaman di Australia, Satu Orang Tewas dan 3 Lainnya Terluka

Polisi berjaga di lokasi penikaman di Australia. (Foto: AFP)

MELBOURNE, iNews.id - Seorang pria menikam beberapa orang di Melbourne, Australia, Jumat (9/11/2018). Satu orang tewas, sementara dua lainnya dirawat di rumah sakit akibat luka tikaman.

Polisi melepaskan tembakan ke arah tersangka sewaktu dia mengayunkan sebilah pisau ke arah dua polisi di kawasan tengah Melbourne, sebelum seorang polisi menembak dadanya.
Dia dilarikan ke rumah sakit dengan penjagaan ketat dan dinyatakan meninggal.

Polisi semula menanggapi laporan mengenai sebuah mobil yang terbakar. Namun sewaktu tiba di lokasi kejadian, mereka mendapati ada orang-orang yang ditikam.

Dalam konferensi pers Kamis (9/11/2018), Kepala Kepolisian Victoria, Graham Ashton, mengatakan, tersangka berasal dari Somalia dan merupakan orang yang dikenal polisi. Mereka meyakini serangan di kota terbesar kedua di Australia itu terkait dengan terorisme.

"Dari apa yang kami ketahui tentang individu itu, kami memperlakukan ini sebagai insiden terorisme."

Dia mengatakan penyerang itu sudah dikenal oleh otoritas intelijen federal serta Kepolisian Victoria.

"Dia dikenal polisi terutama sehubungan dengan kerabat yang dia miliki yang tentu saja menarik perhatian kami."

"Untuk masalah operasional kami sekarang memiliki komando kontraterorisme dan tim pembunuhan yang menangani masalah ini, dan ada penyelidikan yang sedang berlangsung di bawah komando kontraterorisme," katanya.

Saat ini polisi, kata Ashton, sedang melakukan penilaian ulang keamanan terkait beberapa gelaran di Melbourne yang dijadwalkan digelar akhir pekan; yakni pertandingan sepak bola A-League antara Melbourne Victory dan Central Coast Mariners pada Minggu (11/11/2018), dan acara Remembrance Day.

Sebuah video yang direkam oleh saksi menunjukkan, troli belanja dan kursi digunakan untuk menghadapi penyerang.

Video itu menunjukkan pria tersebut berusaha menyerang polisi dengan pisau besar sebelum terjatuh. Para saksi mengatakan, pria itu secara acak menusuk orang di jalan.


Editor : Nathania Riris Michico