Pensiunan Kolonel Angkatan Darat Austria Diduga Jadi Mata-Mata Rusia

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 10 November 2018 - 15:34 WIB
Pensiunan Kolonel Angkatan Darat Austria Diduga Jadi Mata-Mata Rusia

Kanselir Austria Sebastian Kurz. (Foto: AFP)

WINA, iNews.id - Seorang kolonel militer Austria yang pensiun baru-baru ini diduga menjadi mata-mata Rusia selama puluhan tahun.

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan, pria tersebut kemungkinan mulai menjadi mata-mata dinas intelijen Rusia pada 1990-an dan melakukannya hingga 2018.

Kurz menyebut, jika hal itu benar, baik di Belanda ataupun Austria, hal tersebut tidak dapat memperbaiki hubungan antara Uni Eropa dan Rusia.

Pernyataannya itu mengacu pada pengusiran empat agen Rusia oleh Belanda pada April lalu karena mereka diduga merencanakan peretasan di Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) di Den Haag.

Berbicara pada konferensi pers, Menteri Pertahanan Austria Mario Kunasek mengemukakan bahwa kasus ini terungkap beberapa pekan silam berkat informasi dari badan intelijen negara Eropa lainnya.

Menteri Luar Negeri Austria, Karin Kneissl, memanggil Kuasa Usaha Rusia terkait masalah tersebut dan membatalkan lawatannya ke Rusia.

Sebagaimana yang diberitakan media Rusia, Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Austria setelah Austria menuntut penjelasan mengenai dugaan aktivitas spionase tersebut.


Editor : Nathania Riris Michico