Penumpang Sakit Tiba-Tiba Terjadi Lagi, Kali Ini di American Airlines

Anton Suhartono ยท Jumat, 07 September 2018 - 13:16:00 WIB
Penumpang Sakit Tiba-Tiba Terjadi Lagi, Kali Ini di American Airlines
Ilustrasi pesawat American Airlines mendarat di bandara Philadelphia (Foto: AFP)

PHILADELPHIA, iNews.id - Ratusan penumpang dan kru dari dua penerbangan American Airlines yang tiba di bandara Philadelphia dari Eropa, Kamis (6/9/2018), diperiksa petugas kesehatan.

Pemeriksaan dilakukan setelah 12 penumpang dari dua penerbangan tersebut mengeluh mengalami gejala flu. Dua pesawat American Airlines tersebut terbang dari Munich, Jerman, dan Paris, Prancis.

Insiden ini terjadi sehari setelah pesawat Emirates 203 dari Dubai, Uni Emirat Arab, dikarantina di Bandara John F Kennedy (JFK) New York, setelah pilot melaporkan 100 penumpang dan kru mengalami demam dan batuk.

Namun dari jumlah itu, hanya 10 yang dibawa ke rumah sakit, yakni tujuh kru dan tiga penumpang. Sementara sembilan lainnya menjalani perawatan di bandara, namun tak lama kemudian diperbolehkan pergi.

Sementara itu, untuk kejadian terbaru ini petugas medis mengecek kondisi kesehatan 250 penumpang American Airlines dengan nomor penerbangan 717 dari bandara Munich dan 755 dari Bandara Charles de Gaulle Paris. Keduanya tiba di Philadelphia pada Kamis sore waktu setempat.

Juru Bicara Bandara Internasional Philadelphia, Diane Gerace, dikutip dari Reuters, Jumat (7/9/2018), mengatakan, pemeriksaan yang melibatkan petugas dari Pusat Pengendalaian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS ini merupakan langkah pencegahan masuknya virus flu berbahaya.

Menurut keterangan juru bicara CDC, Benjamin Haynes, pihaknya bekerja sama dengan dinas kesehatan Philadelphia serta patroli bea dan cukai mengevaluasi penumpang yang mengalami flu dan gangguan pernapasan.

"Ada 12 penumpang dari dua penerbangan yang dilaporkan mengalami sakit tenggorokan dan batuk, namun tidak ada yang mengalami demam. Tidak ada penumpang yang sakit parah dan mereka akan diperbolehkan pulang serta menerima hasil tes dalam 24 jam," kata Haynes.

Sementara itu penumpang lainnya sudah diperbolehkan meninggalkan bandara untuk melanjutkan perjalanan.

Juru bicara American Airlines Leslie Scott memastikan tidak ada tindakan karantina yang dilakukan terhadap pesawat maupun para penumpang.

Tidak ada pula kru yang menghubungi petugas medis terkait adanya insiden penumpang sakit tiba-tiba. Hal ini berbeda dengan peristiwa Emirates di New York.

Editor : Anton Suhartono