Perawat Tarik Bayi dari Rahim Ibunya hingga Kepala Terlepas dari Badan

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 16:09 WIB
Perawat Tarik Bayi dari Rahim Ibunya hingga Kepala Terlepas dari Badan

Ilustrasi (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Seorang perawat di rumah sakit pemerintah Negara Bagian Rajasthan, India, dituduh menjadi penyebab tewasnya bayi saat dilahirkan, Minggu (6/1/2019).

Dikutip dari The Hindustan Times, Jumat (11/1/2019), proses persalinan berlangsung lama dan rumit. Posisi bayi juga tidak menguntungkan. Perawat pria tersebut diduga menarik sang bayi terlalu kuat dari rahim hingga kepalanya terlepas dari badan.

Hanya bagian kaki dan badan yang dikeluarkan dari rahim ibu. Ironisnya, seolah lepas tangan dari masalah ini, pelaku dan rekannya membawa jenazah bayi ke kamar mayat lalu menyuruh keluarga untuk memindahkan pasien ke rumah sakit lain.

Di rumah sakit kedua, dokter mengoperasi dan mengeluarkan kepala bayi di rahim. Kini, giliran sang ibu yang nyawanya terancam karena mengalami pendarahan.

Ayah bayi malang tersebut mengatakan, staf rumah sakit tak memberi tahu tentang kesalahan dalam proses persalinan. Saat persalinan, keluarga tak boleh mendampingi.

Bahkan, pihak rumah sakit berusaha menyembunyikan kesalahan prosedur ini. Merasa ada yang tak beres, ayah bayi melaporkan staf rumah sakit ke polisi.

Polisi lalu memeriksa sang perawat atas tuduhan kelalaian yang menyebabkan sang bayi meninggal. Kasus ini juga menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah.


Editor : Anton Suhartono