Perdana Menteri Thailand Prayut Lolos dari Pemakzulan, Dituduh Gagal Atasi Pandemi Covid

Anton Suhartono ยท Sabtu, 04 September 2021 - 16:11:00 WIB
Perdana Menteri Thailand Prayut Lolos dari Pemakzulan, Dituduh Gagal Atasi Pandemi Covid
Prayut Chan O Cha lolos dari pemakzulan (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id - Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan O Cha lolos dari upaya pemakzulan oleh parlemen. Dia lolos dalam sidang mosi tidak percaya di parlemen, Sabtu (4/9/2021).

Prayuth mendapat dukungan dari 264 suara melawan 208 anggota parlemen yang mendukung pelengseran. Kubu oposisi membutuhkan 242 suara dari total 482 untuk menggulingkan perdana menteri. Dengan komposisi kubu koalisi pemerintah yang lebih besar di parlemen, niat para penentang Prayut untuk bisa menggulingkannya memang kecil.

Bukan hanya Prayut, Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul serrta empat rekannya di kabinet juga selamat dari mosi tidak pecaya.

Sementara itu setelah sidang parlemen, Prayuth mengungkapkan rasa percaya dirinya.

Sidang mosi tidak percaya diusulkan oleh oposisi karena menuduh pemerintahan Prayut gagal menangani pandemi Covid-19. Mereka juga mengkritik Prayut atas vaksinasi yang lambat serta dampak perekonomian yang parah. 

Ini merupakan kali ketiga Prayut selamat dari mosi tidak percaya. 

Sementara itu masa pro-demokrasi merencanakan unjuk rasa lebih besar pada Sabtu. Unjuk rasa menentang Prayut sebelumnya berubah menjadi kekerasan di mana pasukan keamanan menggunakan gas air mata, meriam air, dan peluru karet, untuk membubarkan massa. Namun bukannya mundur, mereka melawa dengan melempar batu dan petasan.

Thailand sejauh ini melaporkan lebih dari 1,2 juta kasus infeksi Covid-19 dengan 12.000 korban meninggal. Kasus melonjak sejak April dipicu varian Delta.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: