Perempuan Ini Panaskan Uang Rp6,5 Juta di Microwave untuk Bunuh Virus, tapi Terbakar

Anton Suhartono ยท Senin, 09 Maret 2020 - 09:50 WIB
Perempuan Ini Panaskan Uang Rp6,5 Juta di Microwave untuk Bunuh Virus, tapi Terbakar

Perempuan di China memanaskan uang di microwave untuk mencegah virus korona, tapi malah terbakar (Ilustrasi, Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Seorang perempuan di China kehilangan uang 3.125 yuan atau sekitar Rp6,5 juta karena terbakar di microwave.

Dia memanaskan uang kertas tersebut dengan tujuan membunuh virus sehingga bisa terhindari dari potensi terinfeksi korona, namun malah sial yang didapat.

Dikutip dari AsiaOne, Senin (9/3/2020), peristiwa ini terjadi pada 4 Maret 2020 melibatkan perempuan warga Provinsi Jiangsu.

Tidak lama setelah menyalakan microwave, perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu mencium bau hangus. Dia pun mematikan microwave lalu mengecek isinya. Semua uangnya ludes terbakar, hanya menyisakan sebagian kecil saja yang masih menunjukkan benda tersebut merupakan uang kertas yuan.

Setelah kejadian itu, dia membawa uangnya ke bank lokal untuk melapor. Namun, alat penghitung di bank tak bisa membaca karena kondisi uang terlalu rusak.

Staf bank pun memeriksanya secara manual untuk memastikan jumlah yang sesuai. Petugas memeriksa dengan hati-hati agar uang yang sudah rapuh itu tak hancur.

Setelah dicek, bank pun memberikan uang pengganti kepada perempuan tersebut.

Pemerintah China menjalankan program untuk membersihkan uang dari potensi penularan virus korona. Bank sentral bahkan telah mensterilkan bahkan menghancurkan uang sebagai langkah pencegahan. Uang merupakan sarana efektif penyebaran virus karena cepat berpindah tangan.

Bank-bank China mensterilkan uang menggunakan cahaya ultraviolet atau suhu tinggi sejak bulan lalu. Seperti layaknya manusia, uang-uang tersebut juga diisolasi selama 14 hari sebelum didistribusikan kembali ke masyarakat.

Editor : Anton Suhartono