Peringatan PM Johnson ke Macron dan Uni Eropa: Inggris Tak Akan Tunda Brexit

Nathania Riris Michico ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 07:56 WIB
Peringatan PM Johnson ke Macron dan Uni Eropa: Inggris Tak Akan Tunda Brexit

PM Inggris Boris Johnson. (FOTO: AFP or licensors)

LONDON, iNews.id - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Uni Eropa bahwa dirinya tidak akan menunda Brexit setelah 31 Oktober. Johnson menegaskan, menurut seorang sumber, proposal terbarunya adalah kesempatan terakhir untuk mencapai kesepakatan.

"Uni Eropa tidak boleh dibujuk dengan kepercayaan yang keliru bahwa Inggris akan tetap berada di Uni Eropa setelah 31 Oktober," demikian isi percakapan Johnson kepada Macron lewat telepon pada Minggu (6/10/2019), seperti dikutip AFP, Senin (7/10/2019).

Perdana menteri Inggris menegaskan, dia tidak akan meminta penundaan Brexit lagi, meski anggota parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang bulan lalu yang mengharuskan dia menunda Brexit jika gagal mengamankan perjanjian itu pada akhir KTT Uni Eropa pada 17-18 Oktober.

"Undang-undang ini melemahkan negosiasi, tetapi jika para pemimpin Uni Eropa bertaruh bahwa itu tidak akan mencegah kesepakatan, hal itu akan menjadi kesalahpahaman bersejarah," kata seorang sumber senior Downing Street.

"Inggris membuat tawaran besar dan penting, tetapi sudah waktunya bagi Komisi (Eropa) untuk menunjukkan kesediaan untuk berkompromi juga. Jika tidak, Inggris akan pergi tanpa kesepakatan (no deal Brexit)," ujar sumber itu, menegaskan.

Editor : Nathania Riris Michico