Peringatan Tsunami Pascagempa 6,9 SR di Filipina Dicabut

Anton Suhartono ยท Sabtu, 29 Desember 2018 - 14:20 WIB
Peringatan Tsunami Pascagempa 6,9 SR di Filipina Dicabut

Gempa 6,9 di Filipina (USGS)

MANILA, iNews.id - Ancaman tsunami pascagempa bumi 6,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Mindanao, Filipina selatan, Sabtu (29/12/2018), dicabut 2 jam setelah peringatan keluar. Gempa yang juga dirasakan di wilayah utara Sulawesi itu terjadi pukul 10.39 WIB.

Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan dan korban meskipun guncangan gempa dengan skala menengah dirasakan di sebagian wilayah Filipina.

Baca Juga: Gempa 6,9 SR Guncang Filipina, Indonesia Berpotensi Terdampak Tsunami

Warga di Mindanao merasakan guncangan selama sekitar 1 menit, memicu kepanikan. Namun tak ada laporan bangunan rusak maupun korban di Mindanao.

"Kami baik-baik saja, gempa bumi ini tak merusak," kata pejabat di Kota General Santos, Clinton Polancos, dikutip dari Reuters.

Titik pusat gempa berada di sebelah tenggara Kota Davao atau 193 kilometer dari Kota General Santos dengan kedalaman 59 kilometer.

Baca Juga: Gempa 6,9 Guncang Filipina, Potensi Tsunami di Bawah 30 Cm

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik sebelumnya memperingatkan gelombang bisa menjangkau radius 300 km dari titik pusat gempa. Jarak itu mencakup pulau Mindanau, wilayah Indonesia seperti Sulawesi Utara dan Maluku, serta Palau.

Dua jam setelah gempa terjadi, tak ada tanda-tanda gelombang laut yang naik signifikan sehingga ancaman tsunami dicabut. Namun otoritas seimologi Filipina menerima laporan ketinggian air laut di beberapa pantai, meskipun hanya hitungan sentimeter.


Editor : Anton Suhartono