Perkenalkan, Ini Perempuan Pertama Saudi yang Menjadi Pilot Pesawat Komersial

Anton Suhartono ยท Senin, 17 Juni 2019 - 06:07 WIB
Perkenalkan, Ini Perempuan Pertama Saudi yang Menjadi Pilot Pesawat Komersial

Yasmin Al Maimani mem-posting pengalaman terbang pertamanya (Foto: Instagram)

RIYADH, iNews.id - Dunia penerbangan komersial Arab Saudi mencapai babak baru pada bulan ini. Untuk pertama kalinya seorang perempuan Saudi menjadi pilot pesawat komersial.

Perempuan bernama Yasmin Al Maimani itu sebenarnya sudah mendapatkan lisensi terbang sejak 6 tahun lalu di Amerika Serikat, namun dia baru bisa bekerja di maskapai Negara Teluk itu baru-baru ini.

Dikutip dari Al Arabiya, Minggu (16/6/2019), Yasmin menyelesaikan 300 jam latihan penerbangan di AS setelah menyelesaikan kualifikasi di Yordania.

Pada 2013, dia menukar lisensi terbang AS dengan Saudi. Namun, saat itu dia tak bisa langsung bekerja di Saudi karena tidak ada maskapai yang mau merekrutnya dengan alasan gender.

Sekarang, Yasmin menjadi kopilot untuk maskapai Nesma Airlines. Dia mengoperasikan pesawat di Arab Saudi dan Mesir.

Dalam posting-an Instagram, Yasmin menyampaikan rasa senang menjadi perempuan pertama di Saudi yang bisa duduk di kursi pilot pesawat komersial serta mampu mewujudkan impian.

Yasmin mengunggah foto di kokpit dengan caption, "Alhamdulillah, saya bisa mewujudkan mimpi hari ini, menjadi kopilot."

Dia juga membagikan video saat pesawatnya terbang di atas langit Arab Saudi.

Saat diwawancara pada 2018, Yasmin mengungkapan rasa galau selalu ditolak bekerja di maskapai Saudi.

"Saya mengetuk banyak pintu agar bisa mendapatkan pekerjaan ini, tapi penolakan terus berlangsung dengan dalih bahwa pekerjaan sebagai kapten tidak ada untuk perempuan," katanya, saat itu.

Sebelum Yasmim duduk di kursi pilot, perempuan Saudi hanya bisa bekerja secara terbatas di industri penerbangan komersial, seperti di bagian customer service, air traffic control, serta pekerjaan administrasi.

Editor : Anton Suhartono