Pertama Kali, Manila Bikin Pemakaman Khusus untuk Umat Islam

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:05 WIB
Pertama Kali, Manila Bikin Pemakaman Khusus untuk Umat Islam

Wali Kota Isko bertemu dengan Dubes Saudi Al Bussairy (Foto: Filipino Times)

MANILA, iNews.id - Filipina semakin akomodatif terhadap warga muslim. Setelah Presiden Rodrigo Duterte memberlakukan hari libur nasional pada Idul Fitri 2019, kini Wali Kota Manila Isko Moreno mengumumkan rencana pembuatan pemakaman khusus umat Islam.

Ini akan menjadi pemakaman muslim pertama di Manila. Rencana itu disampaikannya saat menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Filipina Abdullah Al Bussairy pada Senin (5/8/2019).

“Kami akan membangun pemakaman Islam pertama. Kami memiliki pemakaman China, memiliki pemakaman Filipina, kenapa kita punya memiliki pemakaman Islam?" Kata Moreno, dikutip dari Filipino Times.

Selama ini, lanjut dia, warga muslim di Manila yang meninggal dimakamkan di provinsi lain yang memiliki pemakaman perkuburan khusus Islam.

Moreno sudah memerintahkan para pejabat pemerintah kota untuk menyiapkan lahan di area Pemakaman Selatan Manila untuk didedikasikan kepada muslim.

Sementara itu kunjungan Dubes Al Bussairy untuk memberi selamat kepadanya yang terpilih sebagai wali kota. Al Bussairy telah bertugas di Filipina sejak 2015.

Saat ini ada sekitar 1 juta warga Filipina yang bekerja di Saudi, termasuk warga Manila yang muslim.


Editor : Anton Suhartono