Pertemuan Trump-Kim, Penerbangan di Singapura Dibatasi pada 11-13 Juni

Anton Suhartono ยท Rabu, 06 Juni 2018 - 14:35:00 WIB
Pertemuan Trump-Kim, Penerbangan di Singapura Dibatasi pada 11-13 Juni
Bandara Changi Singapura (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Penerbangan di wilayah udara Singapura akan dibatasi selama pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Isu keamanan serta padatnya arus lalu lintas penerbangan di Singapura menjadi pertimbangan utama pembatasan lalu lintas udara.

Dalam pemberitahuannya di situs resmi, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan Badan Penerbangan Federal AS (FAA) menyatakan, wilayah udara Singapura akan dibatasi pada 11 sampai 13 Juni 2018.

Pesawat yang akan tiba di Bandara Changi diminta mengurangi kecepatan dan memenuhi persyaratan untuk melaju di landasan pacu dengan alasan keamana nasional.

Dalam pemberitahuan terpisah, ICAO juga meminta operator penerbangan untuk tidak melintasi Pangkalan Udara Paya Lebar, fasilitas militer yang akan menjadi tempat pesawat kepresidenan Air Force One mendarat.

Pilot dan yang melanggar ketentuan yang berlaku maka pesawatnya akan dicegat.

Sejauh ini pihak Bandara Changi belum memberikan komentar terkait pembatasan lalu lintas penerbangan ini.

Sebelumnya, Gedung Putih memastikan lokasi pertemuan Trump dan Kim akan digelar di Hotel Capella di Pulau Sentosa. Wilayah itu pun dijadikan area khusus dengan penjagaan superketat.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda