Pertemuan Trump-Kim, Penerbangan ke Singapura Bakal Delay 10-14 Juni

Anton Suhartono ยท Kamis, 07 Juni 2018 - 10:42:00 WIB
Pertemuan Trump-Kim, Penerbangan ke Singapura Bakal Delay 10-14 Juni
Aktivitas di Bandara Changi (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Setelah Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) mengumumkan pembatasan penerbangan di Singapura terkait pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kini Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) menegaskan hal serupa.

CAAS dan Kementerian Pertahanan Singapura (Mindef) menyatakan, pembatasan penerbangan diberlakukan mulai 10 Juni pukul 08.00 waktu setempat hingga 14 Juni oukul 23.59.

Pemberitahuan mengenai pembatasan penerbangan ini dikeluarkan melalui saluran informasi penerbangan pada Senin dan Rabu.

Disebutkan di dalamnya, wilayah udara Singapura akan dibatasi sementara untuk lalu lintas penerbangan pada 11,12, dan 13 Juni. Singapura akan menjadi tuan rumah antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong Un di Hotel Capella di Pulau Sentosa pada 12 Juni.

Karena itu efek dari pembatasan ini, penerbangan menuju dan keluar Bandara Changi pada periode tersebut akan mengalami keterlambatan atau delay.

Semua pesawat yang akan masuk ke Bandara Changi diminta untuk mengurangi kecepatan dan mematuhi pembatasan penggunaan landasan pacu untuk alasan keamanan nasional.

Selain itu ICAO juga meminta para operator penerbangan untuk tidak melintasi Pangkalan Udara Paya Lebar karena bandara militer itu digunakan sebagai tempat mendarat pesawat kepresidenan AS Air Force One.

Pesawat yang melanggar ketentuan ini akan dicegat.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda