Perusahaan Pasta Gigi dan Seluruh Asetnya Dijual di Situs Jual Beli Online

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 00:29 WIB
Perusahaan Pasta Gigi dan Seluruh Asetnya Dijual di Situs Jual Beli Online

Perusahaan pasta gigi China Tianqi dan seluruh asetnya dijual online (Foto: Financial Times)

BEIJING, iNews.id - Situs jual beli online biasanya menjual barang kebutuhan, perhiasan, atau maksimal rumah dan mobil mewah. Tapi di China, perusahaan dan aset-asetnya pun dijual secara online melalui proses lelang di e-commerce.

Pasta gigi Tianqi dan perusahaan yang memproduksinya, Guangxi Aoqili, sudah didaftarkan untuk dilelang di situs online milik Alibaba, Taobao, sejak Selasa (11/6/2019). Harga pembukaanya 163,24 juta yuan atau sekitar Rp337,6 miliar, seperti dikutip dari AFP, Rabu (12/6/2019).

Dalam catatan lelang, angka tersebut sudah termasuk 57 merek dagang lain yang masih terkait dengan Tianqi, kawasan industri tempat produksi, serta peralatan produksi.

Tak dijelaskan mengapa perusahaan dilelang secara online dan mengapa Taobao yang dipilih menjadi platform-nya.

Lelang di tahap pertama dibatalkan karena hanya ada dua pendaftar. Perusanaan memberi syarat bahwa pemenang harus melanjutkan produksi merek Tianqi sebulan setelah penjualan.

Tianqi merupakan merek pasta gigi populer di China pada awal tahun 2000-an, namun namanya memudar akibat ketatrnya persaingan.

Sementara itu Taobao merupakan situs jual beli online populer di China. Berbagai barang dijual di platform ini, mulai dari produk sehari-hari, perhiasan, helikopter, hingga saham perusahaan.

Bahkan, pengadilan China pernah melelang aset perusahaan kargo yang bangkrut, yakni pesawat Boeing 747 pada 2017.


Editor : Anton Suhartono