Pesawat Buang Bahan Bakar Siram Puluhan Siswa SD di Los Angeles, Pilot Ternyata Tak Lapor ke ATC

Anton Suhartono ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 16:49 WIB
Pesawat Buang Bahan Bakar Siram Puluhan Siswa SD di Los Angeles, Pilot Ternyata Tak Lapor ke ATC

Pesawat Delta Air Lines membuang bahan bakar saat akan mendarat darurat di bandara Los Angeles (Foto: Twitter))

LOS ANGELES, iNews.id - Insiden pembuangan bahan bakar oleh pesawat Boeing 777-200 Delta Air Lines saat akan mendarat di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat, dalam penyelidikan Badan Penerbangan Federal (FAA).

Menurut FAA, sebanyak 67 siswa SD dan orang dewasa mengalami luka, meskipun tidak ada yang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: 26 Orang Luka akibat Tersiram Bahan Bakar Pesawat yang Akan Mendarat di Los Angeles

Pilot pesawat terbang tak melapor ke menara pengawas bandara akan membuang bahan bakar. Pesawat itu diketahui baru saja lepas landas lalu mengalami masalah mesin. Pilot memutuskan putar balik atau return to base. Namun karena bobot pesawat terlalu berat untuk touch down, pilot membuang bahan bakar.

Hanya saja lokasi dan ketinggian pesawat membuang bahan bakar tak ideal, yakni di kawasan padat penduduk dan sekolah.

Memang tidak ada aturan yang mengharuskan pilot memberi tahu untuk membuang bahan bakar. Namun setidaknya menara kontrol lalu lintas atau air traffic control (ATC) bisa memandu pilot ke lokasi dan ketinggian yang aman.

"Hasil pemeriksaan komunikasi air traffic control kemarin menunjukkan pilot Delta Flight 89 tidak memberi tahu bahwa mereka harus membuang bahan bakar," kata regulator penerbangan AS itu, dikutip dari Bloomberg, Kamis (16/1/2020).

Dilanjutkan, dalam situasi darurat tersebut, pembuangan bahan bakar tidak dilakukan pada ketinggian ideal yang memungkinkan cairan teratomisasi dengan baik.

Baca Juga: Demi Selamatkan Nyawa Bocah 8 Tahun, Pilot Buang 15 Ton Bahan Bakar di Udara

Bahan bakar yang dibuang dengan ketinggian lebih dari 5.000 hingga 6.000 kaki akan menguap sebelum mengenai tanah. Namun ketinggian pesawat Delta saat menjatuhkan bahan bakar belum diungkap.

Boeing 777-200 mengalami permasalahan kemacetan kompresor mesin setelah lepas landas dari Bandara Internasional Los Angeles menuju Shanghai, China. Pilot memberi tahun ATC bahwa pesawat harus kembali ke bandara, tapi tak menyebutkan soal membuang bahan bakar.

Editor : Anton Suhartono