Pesawat Jatuh dan Tewaskan 17 Orang, Penduduk Berebut Uang yang Berhamburan

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:19 WIB
Pesawat Jatuh dan Tewaskan 17 Orang, Penduduk Berebut Uang yang Berhamburan

Ilustrasi pesawat kargo yang jatuh. (Foto: Dok.)

JUBA, iNews.id – Sedikitnya 17 orang tewas dan satu selamat setelah sebuah pesawat kargo jatuh seusai lepas landas dari Bandara Juba di Sudan Selatan, Sabtu (22/8/2020) pagi waktu setempat. Salah satu saksi mata, Joseph Mayom mengatakan kepada Xinhua melalui telepon bahwa seorang penumpang yang selamat dari kecelakaan tersebut dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

“Menurut apa yang saya saksikan, satu orang diselamatkan setelah berteriak kesakitan dan segera dibawa ke rumah sakit. Kami telah menghitung, ada 15 orang dan dua awak, sehingga totalnya menjadi 17 orang,” kata Mayom kepada Xinhua, hari ini.

Dia menuturkan, pesawat kargo milik maskapai South West Aviation itu jatuh setelah lepas landas di dekat daerah pemukiman Hai Referendum di Juba. Dia juga mengatakan, pesawat nahas itu masih terbakar ketika kerumunan orang berebut mengambil uang tunai yang berserakan.

Direktur Bandara Internasional Juba, Kur Kuol, mengonfirmasi kecelakaan pesawat pada pukul 09.00 waktu setempat itu. Dia mengungkapkan, pesawat sedang dalam perjalanan ke daerah Aweil dan Wau untuk mengirimkan gaji para pegawai sebuah organisasi.

“Tidak ada perincian lebih lanjut yang dapat saya berikan kepada Anda sekarang. Tetapi yang saya tahu adalah, pesawat kargo itu membawa sepeda motor, suku cadang, makanan, dan gaji staf LSM. Tetapi tidak ada lagi orang di dalamnya (pesawat itu) sekarang,” ujar Kuol.

Dia mengatakan otoritas penerbangan akan menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat jatuh itu. Menurut Kuol, otoritas bandara tidak memiliki data pasti terkait jumlah orang yang telah meninggal atau korban selamat.

Dia menambahkan, mereka baru dapat memberikan data lebih terperinci setelah pejabat berwenang memberikan informasi yang jelas.

Editor : Ahmad Islamy Jamil