Pesawat Militer India Jatuh, Seluruh Penumpang Dipastikan Tewas

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 18:20 WIB
Pesawat Militer India Jatuh, Seluruh Penumpang Dipastikan Tewas

Pesawat militer An-32 Angkatan Udara India (Foto: IAF)

NEW DELHI, iNews.id - India memastikan tidak ada korban selamat dalam jatuhnya pesawat angkut militer, Antonov An-32, di daerah pegunungan Negara Bagian Arunachal Pradesh, dekat perbatasan China.

Pesawat buatan era Uni Soviet itu dilaporkan hilang sejak 3 Juni 2019 sekitar 35 menit setelah lepas landas.

Tim SAR dari Angkatan Udara India (IAF) baru menemukan pesawat nahas itu pada Selasa (11/6/2019). Namun karena beratnya medan, lokasi jatuhnya pesawat baru bisa dijangkau, Kamis (13/6/2019).

Selama pencarian, belasan helikopter dan pesawat dikerahkan menelusuri area seluas ratusan kilometer persegi sebelum petugas SAR menemukan puing-puing pesawat di lereng gunung.

Pihak berwenang meminta warga setempat untuk membantu pencarian di pegunungan terjal serta manjanjikan hadiah uang tunai sebesar 550.000 rupee atau sekitar Rp112 juta bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi.

"Delapan kru tim penyelamat mencapai lokasi kecekaaan pagi hari ini," demikian pernyataan IAF, melalui Twitter, seperti dikutip dari AFP.

Setelah menyisir lokasi, tim memastikan tidak ada korban selamat. Sebanyak 13 orang, delapan kru dan lima penumpang, dinyatakan tewas.

Helikopter dan pesawat dikerahkan menelusuri area seluas ratusan kilometer persegi sebelum petugas SAR menemukan puing-puing pesawat di lereng gunung.

Ini bukan kecelakaan pertama melibatkan pesawat serupa milik IAF. Pada 2016, pesawat serupa terbang dari Chennai menuju Kepulauan Andaman dan Nicobar lalu hilang di atas Teluk Bengal. Nasib 29 orang di dalamnya belum diketahui sampai saat ini.


Editor : Anton Suhartono