Pesawat Myamnar Airlines Angkut 89 Orang Mendarat Tanpa Roda Depan

Anton Suhartono ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 13:36 WIB
Pesawat Myamnar Airlines Angkut 89 Orang Mendarat Tanpa Roda Depan

Pesawat Embrear-190 Myanmar Airlines mendarat tanpa roda depan (Screengrab: CCTV)

YANGON, iNews.id - Pesawat Embrear-190 maskapai Myanmar Airlines mendarat tanpa roda depan di Kota Mandalay, Minggu (12/5/2019) pagi, akibat kerusakan.

Pilot berhasil mendaratkan pesawat dengan nomor penerbangan UB 103 yang mengangkut 89 penumpang dan kru itu dengan selamat, tanpa ada seorang pun yang luka.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan, pesawat mendarat secara aman, mengandalkan roda belakang sebelum bagian hidung menyentuh landasan lalu berhenti.

Wakil Dirjen Departemen Penerbangan Sipil Myanmar, Ye Htut Aung, mengatakan, pilot mencoba berulang kali mengeluarkan roda depan pesawat, baik melalui sistem otomatis maupun secara manual, namun gagal.

"Mereka berusaha keras dua kali dengan memutar dua kali dan meminta untuk memeriksa apakah roda depan sudah keluar atau belum," kata Ye Htut Aung, seraya menambahkan terjadi kerusakan teknis yang menyebabkan roda tak bisa keluar, dikutip dari AFP.

"Jadi mereka harus mendarat dengan roda belakang. Pilot bisa mendaratkannya dengan terampil. Tidak ada korban," katanya.

Myanmar Airlines sudah mengirim ahli ke Mandalay untuk memeriksa kondisi pesawat.

Sementara itu seorag penumpang, Soe Moe, mengatakan ada asap yang keluar ketika pendaratan.

"Tapi semua penumpang baik-baik saja," ujarnya.

Insiden ini terjadi beberapa hari setelah pesawat Biman Bangladesh Airlines mengalami kecelakaan saat mendarat di tengah badai di bandara Yangon pada Rabu lalu, menyebabkan 11 penumpang luka.


Editor : Anton Suhartono