Pesta Pernikahan di Afghanistan Dibom, 5 Orang Tewas dan 40 Luka

Anton Suhartono ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 14:06 WIB
Pesta Pernikahan di Afghanistan Dibom, 5 Orang Tewas dan 40 Luka

Aksi bom bunuh diri di pesta pernikahan di Afghanistan tewaskan 5 orang (Foto: AFP)

KABUL, iNews.id - Lima orang tewas dan puluhan lainnya luka setelah seorang pria meledakkan diri di acara pernikahan di Provinsi Nangarhar, Afghanistan, Jumat (12/7/2019).

Lokasi kejadian dekat dengan perbatasan Pakistan. Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab.

Taliban, kelompok militan yang sering dipersalahkan terkait aksi kekerasan di negara itu, membantah terlibat.

Biasanya penyerangan yang berlangsung di perbatasan Pakistan, termasuk di Nangarhar, dilakukan oleh militan ISIS. Di wilayah perbatasan lainnya, penyerangan bersenjata juga biasa dilakukan gerakan separatis.

"Pagi ini pukul 08.00, seorang pelaku meledakkan diri di pesta pernikahan. Hasilnya, lima orang tewas dan lebih dari 40 lainnya luka," kata juru bicara Gubernur Nangarhar, dikutip dari AFP.

Sementara itu juru bicara Rumah Sakit Daerah Nangarhar Zahir Adil mengatakan, dua korban tewas dan 11 luka dibawa ke tempatnya di pusat ibu kota.

Ledakan ini terjadi beberapa hari setelah pertemuan bersejarah antara perwakilan pemerintah Afghanistan dengan Taliban, sebagai bagian dari keinginan Amerika Serikat (AS) mengakhiri konflik di dalam negeri.

Hasil pertemuan yang berlangsung di Doha, Qatar, itu semua pihak membuat resolusi bersama yakni menjanjikan terwujudnya peta jalan damai, di mana masing-masing berkomitmen mengurangi jumlah korban sipil menjadi nol.


Editor : Anton Suhartono