Petani Temukan Patung Kuno Diduga Berusia 5 Abad saat Hendak Tanam Semangka

Djairan ยท Jumat, 29 Januari 2021 - 18:39:00 WIB
Petani Temukan Patung Kuno Diduga Berusia 5 Abad saat Hendak Tanam Semangka
Patung kuno yang ditemukan petani Meksiko, Cesar Cabrera, belum lama ini. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY, iNews.id – Seorang petani bernama Cesar Cabrera menemukan benda misterius seperti balok batu kapur terkubur dalam tanah saat dia membersihkan hamparan kebun keluarganya di Meksiko. Ketika itu, dia hendak menanam semangka.

Beberapa minggu kemudian, dia dan lima pria lainnya dengan hati-hati mengangkat batu tersebut dari tanah. Ketika seluruh permukaan beda itu terangkat, dia takjub ketika melihat dengan jelas patung seukuran manusia , yang kemungkinan besar telah terkubur selama berabad-abad.

“Lihat! itu gambar seorang dewi!,” kata Cabrera (52) mengingat kata-kata pertama yang keluar dari mulutnya saat melihat penampakan patung itu, dikutip dari Reuters, Jumat (29/1/2021).

Itu menjadi penemuan besar pertama di Meksiko tahun ini. Warga dengan hati-hati mengangkat patung itu ke dalam truk, lalu membawanya ke rumah Cabrera. 

Beberapa pihak meyakinkan Cabrera, bahwa patung itu yang tampak diukir dengan ornamen yang rumit dan hiasan kepala seperti gambar bulu yang melambai, menyerupai gambaran dewi dari peradaban Huastec.

Para ahli yang mengamatinya menduga patung itu berusia lebih dari 500 tahun, mewakili seorang perempuan elite, atau mungkin seorang ratu dari kebudayaan Huastec. Huastec merupakan peradaban masyarakat kuno Meksiko yang kurang dikenal, karena kurangnya penelitian.

Selama berabad-abad, pusat populasi Huastec diketahui berkembang pesat dan tersebar di pantai tenggara Meksiko. Banyak yang diduga menyebar di sekitar sungai yang mengalir ke Teluk Meksiko, membentang di enam negara bagian Meksiko modern, termasuk Veracruz, Tamaulipas, dan San Luis Potosi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2