Pilpres AS 2020, Hampir 30 Juta Warga Telah Memilih Terbanyak di Texas

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:34 WIB
Pilpres AS 2020, Hampir 30 Juta Warga Telah Memilih Terbanyak di Texas

Hampir 30 juta warga AS sudah memberikan suara mereka dalam pilpres sampai 19 Oktober 2020 atau 2 pekan jelang pemungutan suara utama (Foto: AFP)

HOUSTON, iNews.id - Sekitar 30 juta warga Amerika Serikat (AS) sudah memulai Pilpres AS 2020 dengan menggunakan hak suara mereka lebih dulu melalui pemungutan suara awal, meski pelaksanaan utama masih 2 pekan lagi. Texas menjadi negara bagian dengan jumlah pemilih awal terbanyak.

Lebih dari 5 juta surat suara sudah diterima penyelenggara di Texas berdasarkan penghitungan.

Tak heran jika wilayah yang menjadi kantong suara bagi calon presiden dari Partai Republik itu berada dalam pengawasan ketat. Hasil polling beberapa lembaga survei menunjukkan Donald Trump masih unggul dari Joe Biden di Texas meskipun tak terpaut jauh.

US Elections Project, seperti dikutip dari AFP, Selasa (20/10/2020), mengungkap, berdasarkan penghitungan Universitas Florida, jumlah surat suara yang masuk di Texas saat ini mencapai 45 persen dari total yang diberikan pada 2016.

Pemungutan suara awal dimulai pada Selasa lalu di Texas dengan tingkat partisipasi telah melampaui Negara Bagian California padahal jumlah penduduknya lebih padat. Hampir 30 juta warga AS telah memberikan suara sejauh ini.

Gubernur Texas Greg Abbott menyampaikan beberapa pesan terkait tingginya tingkat partisipasi warga dalam pemungutan suara awal ini. Namun tingginya partisipasi tahun ini diyakini lebih dipicu untuk menghindari potensi paparan virus corona, di mana tempat-tempat pemungutan suara (TPS) akan lebih padat pada 3 November mendatang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua