Pistol yang Digunakan Pelukis Van Gogh Bunuh Diri Dilelang, Ditaksir Laku Rp1 M

Anton Suhartono ยท Senin, 17 Juni 2019 - 19:48 WIB
Pistol yang Digunakan Pelukis Van Gogh Bunuh Diri Dilelang, Ditaksir Laku Rp1 M

Pistol revolver yang digunakan Van Gogh bunuh diri (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Pistol yang digunakan pelukis kenamaan Vincent van Gogh untuk bunuh diri akan dilelang pada Rabu (19/6/2019) di Paris, Prancis.

Revolver 7 mm Lefaucheux yang disebut-sebut sebagai senjata paling terkenal dalam sejarah seni itu diperkirakan akan terjual 60.000 euro atau sekitar Rp1 miliar.

Para peneliti yakin Van Gogh menembak dirinya dengan pistol dekat perkampungan Auvers sur Oise, sebelah utara Paris, pada 1890. Di tempat itu, dia menghabiskan sisa waktunya sebelum mengakhiri hidup.

Pistol ditemukan oleh seorang petani pada 1965 di lokasi yang sama saat pelukis Belanda itu bunuh diri. Senjata yang masih dibiarkan dalam kondisi apa adanya itu dipamerkan lebih dulu di Museum Van Gogh di Amsterdam.

Penyelanggara lelang, Art Auction, menyatakan, tidak ada alasan untuk meragukan keaslian bahwa pistol itu. Hasil pengujian menunjukkan pistol berada di dalam tanah selama 75 tahun.

Van Gogh meminjam pistol itu dari pemilik penginapan di desa tempat dia tinggal. Dia meninggal 36 jam kemudian setelah terhuyung-huyung kembali ke rumahnya dalam kegelapan.


Editor : Anton Suhartono