Plakat yang Dibawa Neil Armstrong ke Bulan Terjual Rp7 Miliar

Anton Suhartono ยท Selasa, 06 November 2018 - 05:09 WIB
Plakat yang Dibawa Neil Armstrong ke Bulan Terjual Rp7 Miliar

Plakat Neil Armstrong (kiri) terjual dalam lelang (Foto: AFP)

DALLAS, iNews.id - Plakat yang dibawa Neil Armstrong ke Bulan dalam misi Apollo 11 terjual dengan harga 468.500 dolar AS atau sekitar Rp7 miliar dalam lelang Heritage Auctions di Dallas, Texas, Amerika Serikat, pada akhir pekan lalu, seperti dikutip dari AFP, Senin (5/11/2018).

Benda bersejarah itu sampai ke Bulan pada 20 Juli 1969 bersamaan saat Armstrong menginjakkan kaki di satelit Bumi itu.

Setelah kembali ke Bumi, plakat itu dipasang dengan alas kayu sebelum diserahkan ke Armstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Selain Armstrong, ada dua astronot lagi yang menerima plakat serupa yakni Edwin Aldrin dan Michael Collins.

Plakat tersebut dilelang oleh dua anak Armstrong, Rick dan Mark, bersama lebih dari 2.000 barang koleksi ayahnya. Lelang dilakukan secara bertahap sampai tahun depan. Lelang gelombang pertama dilangsungkan pada Kamis hingga Sabtu pekan lalu di Dallas. Berikutnya, lelang digelar pada Mei dan November 2019.

Selain plakat, bendera AS yang dikibarkan di Bulan olen Armstrong juga terjual namun nilainya tak setinggi plakat.

Bendera berukuran 45 kali 29 sentimeter itu terjual dengan harga 275.000 dolar AS. Meski nilainya di bawah plakat, nilai itu lebih tinggi tiga kali lipat dibandingkan perkiraan awal Heritage Auctions yang mematoknya 75.000 dolar AS.

Barang-barang Armstrong lain yang dilelang adalah dua potongan pesawat milik Wright bersaudara yang pertama kali diterbangkan pada Desember 1903. Potongan yang juga dibawa ke Bulan itu terjual masing-masing 275.000 dolar AS atau sembilan kali lipat dari perkiraan awal.

Secara keseluruhan, Heritage Auctions mengumpulkan 5,2 juta dolar AS atau sekitar Rp76,7 miliar dari hasil lelang tahap pertama ini.


Editor : Anton Suhartono