PM Johnson: Hanya Trump yang Bisa Buat Kesepakatan Lebih Baik dengan Iran

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 24 September 2019 - 09:56 WIB
PM Johnson: Hanya Trump yang Bisa Buat Kesepakatan Lebih Baik dengan Iran

PM Inggris Boris Johnson mengatakan Presiden AS Donald Trump dapat menegosiasikan kesepakatan nuklir dengan Iran lebih baik dari disetujui Iran dan kekuatan dunia pada 2015. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dapat menegosiasikan kesepakatan nuklir dengan Iran lebih baik dari yang telah disepakati oleh Republik Islam itu pada 2015.

"Mari kita lakukan kesepakatan yang lebih baik," kata Johnson, dalam wawancara dengan NBC saat berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB.

"Saya pikir ada satu orang yang dapat melakukan kesepakatan yang lebih baik, dan itu adalah presiden Amerika Serikat. Saya berharap akan ada kesepakatan Trump," ujar sang perdana menteri, seperti dikutip AFP, Selasa (24/9/2019).

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif pun merespons komentar Johnson itu.

"Kelumpuhan (Prancis, Jerman, dan Inggris) dalam memenuhi kewajiban mereka tanpa izin AS sudah jelas sejak Mei 2018," cuit Zarif di Twitter, merujuk ketika AS menarik diri dari perjanjian itu.

"Tidak ada kesepakatan baru sebelum mematuhi (perjanjian) saat ini," cuitnya.

Iran dan AS berselisih sejak Mei tahun lalu, ketika Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir 2015, yang memberi Iran keringanan sanksi sebagai imbalan pembatasan program nuklir.

Trump kemudian mulai menerapkan kembali sanksi ekonomi yang dijuluki kampanye tekanan maksimum.

Negara-negara Eropa yang membantu menegosiasikan perjanjian tersebut, termasuk Prancis, Inggris, dan Jerman, berupaya mengurangi ketegangan untuk menyelamatkan kesepakatan.


Editor : Nathania Riris Michico