Pocong pun Mendunia Gara-Gara Virus Corona

Anton Suhartono ยท Selasa, 14 April 2020 - 11:22:00 WIB
Pocong pun Mendunia Gara-Gara Virus Corona
Penampakan pocong jadi-jadian di Purworejo (Foto: Ruters)

JAKARTA, iNews.id - Pocong jadi-jadian yang menakut-nakuti warga Purworejo sehingga tak keluar rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona menjadi pembicaraan di luar negeri.

Awalnya, fenomena unik ini diangkat oleh beberapa media di Korea Selatan pada akhir Maret 2020, seperti stasiun televisi MBC serta situs berita SBS yang mengangkat judul ‘Pencegahan Virus Corona, Kampung di Indonesia Dijaga Hantu Pocong’

Tentu saja banyak warga Korsel yang tak mengerti apa itu pocong, sehingga media-media harus menjelaskan apa artinya. Namun satu kata yang membuat warga di Negeri Gingseng paham yakni ‘hantu’.

Bukan hanya di Korsel fenomena unik di Purworejo juga diangkat media tetangga, Malaysia The Star dengan mengangkat judul “‘Ghosts’ scare Indonesians indoors and away from coronavirus”

Mengutip pemberitaan Reuters, situs berita The Star menjelaskan pocong menjadi media untuk menakut-nakuti warga di Purworejo sehingga tak leluar rumah, terutama pada malam hari.

Cara ini dinilai efektif, meskipun warga setempat menyadari bahwa pocong itu hanya jadi-jadian.

Beberapa warga menggunakan kostum pocong berjaga di pintu keluar desa untuk menangkal mereka yang keluar.

Bukan hanya Malaysia, media Inggris BBC juga mengangkat kisah unik ini dengan judul ‘Coronavirus: Indonesian village uses 'ghosts' for distancing patrols’

Disebutkan beberapa warga yang menggunakan kostum hantu khas Indonesia itu bepatroli keliling kampung demi menerpkan social distancing di tengah wabah Covid-19.

Namun setelah diterapkan lama, cara ini tampaknya sudah tak efektif lagi. Pasalnya banyak warga Kepuh yang sengaja keluar rumah untuk melihat hantu-hantu tersebut.

Seorang warga Supadmo mengatakan, secara umum ‘pocong’ efektif membuat warga lebih betah di rmah.

"Sejak pocong muncul, orang tua dan anak-anak banyak yang tak meninggalkan rumah. Warga juga tidak berkumpul atau keluyuran di jalanan setelah Salat Isya,” kata dia.

Pocong diperankan oleh kelompok pemuda setempat setelah berkoordinasi dengan kepolisian.

Belum cukup, media Amerika Serikat CNN juga mengangkat berita ini menggunkan judul “‘Ghosts' try to spook people off streets during coronavirus in Indonesia”

CNN melaporkan, hantu terbungkus kain putih berkeliaran di jalan-jalan desa di Provinsi Jawa Tengah untuk menakut-nakuti warga sehingga mereka tinggal di rumah selama wabah cirus corona.

Kepada pembaca, CNN menjelaskan bahwa pocong merupakan hantu yang dikenal di cerita rakyat dan biasa menghuni makam.

Selubung putih merupakan kain kafan yang digunakan sebagai pembungkus jenazah untuk dimakamkan.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda