Polisi Myanmar Ditemukan Tewas Tertembak di Negara Bagian Rakhine

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 23 Desember 2018 - 13:09 WIB
Polisi Myanmar Ditemukan Tewas Tertembak di Negara Bagian Rakhine

Polisi Myanmar yang berjaga di wilayah perbatasan. (Foto: AFP)

YANGON, iNews.id - Seorang polisi Myanmar ditemukan tewas dengan tubuh dipenuhi peluru di Negara Bagian Rakhine utara. Wilayah itu merupakan wilayah perpecahan antara pasukan keamanan dengan gerilyawan Rohingya dan pejuang Rakhine.

Dilaporkan AFP, Minggu (23/12/2018), prajurit Aung Kyaw Thet hilang dalam aksi setelah serangan pekan lalu oleh penyerang tak dikenal di Kota Maungdaw, dekat perbatasan dengan Bangladesh.

"Tubuhnya ditemukan dua hari lalu dengan luka tembak di wajah, lengan dan kakinya di dekat sebuah bukit di dalam negara lain," demikian laporkan Global New Light, yang didukung pemerintah.

Penyergapan itu terjadi pada hari yang sama ketika dua pria etnis Rakhine Budha menghilang saat sedang memancing di kota yang sama dan kemudian ditemukan dengan leher tergores.

Hal ini mendorong para tentara melancarkan "operasi pembersihan" lokal, yang bisa meningkatkan ketakutan akan kekerasan skala besar terbaru.

Laporan Global New Light tidak mengidentifikasi siapa pelaku penembakan. Namun disebutkan, pihak berwenang menemukan tempat seperti lubang persembunyian di dekat lokasi kejadian, selongsong peluru, dan biskuit yang diproduksi di Bangladesh.

Lebih dari 720.000 Rohingya meninggalkan Rakhine utara ke Bangladesh setelah Myanmar melancarkan penindasan terhadap minoritas Muslim Rohingya pada Agustus 2017.

Para penyelidik PBB ingin jenderal senior Myanmar diadili karena tuduhan genosida, namun militer menegaskan mereka menanggapi serangan terhadap pos-pos penjaga perbatasan oleh pemberontak Rohingya yang menewaskan puluhan pasukan keamanan.

Pekan ini, tentara menyerukan gencatan senjata terhadap kelompok-kelompok bersenjata etnis di timur laut negara itu, namun negara bagian Rakhine tidak termasuk.


Editor : Nathania Riris Michico