Presiden Paraguay Minta Semua Menteri Tak Becus Tangani Covid-19 Mundur

Djairan ยท Minggu, 07 Maret 2021 - 19:30:00 WIB
Presiden Paraguay Minta Semua Menteri Tak Becus Tangani Covid-19 Mundur
Demonstran mengecam penanganan virus corona atau Covid-19 di Paraguay. (Foto: Aljazeera).

ASUNCION, iNews.id - Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez meminta semua menteri di jajaran kabinet untuk mengundurkan diri menyusul pecahnya bentrokan antara demonstran dan aparat. Masyarakat berbondong-bondong turun ke jalan menyuarakan kekecewaan atas penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 oleh pemerintah yang dinilai gagal.

Menteri Komunikasi Paraguay, Juan Manuel Brunetti, pada Sabtu (6/3/2021), mengatakan, Presiden Abdo Benitez meminta semua anggota kabinet untuk menyerahkan posisi mereka. Pengunduran diri dinilai sebagai jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi pemerintah.

“Presiden pasti akan berbicara hari ini dengan masyarakat. Dia akan mengumumkan perubahan, tapi kami ingin publik tahu dan mengerti bahwa pesan yang mereka suarakan sudah sampai ke presiden,” ujar Manuel Brunetti, dikutip dari Aljazeera, Minggu (7/3/2021).

Bentrokan terjadi pada Jumat malam waktu setempat antara demonstran dan polisi di pusat Ibu Kota Asuncion. Beberapa kelompok yang turun ke jalan melempari aparat dengan batu, yang kemudian dibalas menggunakan peluru karet dan gas air mata.

Demonstran memadati halaman luar gedung Kongres Paraguay untuk menuntut pengunduran diri Abdo Benitez. Kemarahan publik memuncak atas kasus positif Covid-19 yang melonjak di Paraguay, di mana infeksi mencapai tingkat rekor dan rumah sakit serba kekurangan fasilitas.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2