Pria Bersenjata Serbu Klinik Ketergantungan Obat di Meksiko, Culik 23 Orang

Anton Suhartono ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 07:24 WIB
Pria Bersenjata Serbu Klinik Ketergantungan Obat di Meksiko, Culik 23 Orang

23 orang diculik dari klinik ketergantungan obat di Meksiko (Ilustrasi, Foto: AFP)

IRAPUATO, iNews.id - Sekelompok pria bersenjata menculik 23 orang di klinik ketergantungan obat terlarang di Meksiko, Rabu (4/12/2019). Sebanyak 13 di antaranya dibebaskan dalam kondisi luka.

Saksi mata mengatakan sejumlah besar pria bersenjata mendatangi klinik di Irapuato, Negara Bagian Guanajuato, menggunakan beberapa kendaraan dan langsung menyerbu.

"Kami memiliki nama 23 (korban), 13 di antaranya dibebaskan dan 10 masih hilang," kata jaksa Guanajuato, Carlos Zamarripa, dikutip dari AFP, Jumat (6/12/2019).

Dia menambahkan, beberapa dari mereka mengalami luka serta syok sehingga enggan memberikan keterangan apa yang terjadi.

Guanajuato, pusat industri dan pariwisata, merupakan salah satu wilayah langganan kekerasan di Meksiko.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador berjuang mengendalikan kekerasan, sebagian besar dilakukan oleh para kartel narkoba yang memiliki kekuatan persenjataan.

Meskiko dilanda serangkaian bencana keamanan belakangan ini, termasuk pembantaian sembilan perempuan dan anak-anak dari komunitas Mormon yang berkewarganegaraan ganda, Amerika Serikat-Meksiko.

Kejadian ini sampai membuat Presiden Donald Trump murka dan menawarkan bantuanm militer kepada Meksiko untuk memburu para pelaku, meski ditolak. Bahkan Trump sempat berencana memasukkan kelompok kartel narkoba Meksiko dalam daftar teroris internasional.

Editor : Anton Suhartono