Pria Stres Serang TK di China Pakai Cairan Kimia, 51 Siswa Luka

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 November 2019 - 16:38 WIB
Pria Stres Serang TK di China Pakai Cairan Kimia, 51 Siswa Luka

54 orang luka akibat serangan cairan kimia di TK di China (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Seorang pria menyerang taman kanak-kanak (TK) di Kota Kaiyuan, Provinsi Yunna, China menggunakan cairan kimia, Senin (11/11/2019) sore. Akibatnya, lebih dari 54 orang luka, sebagian besar siswa.

Pelaku, diketahui bernama Kong (23), ditangkap kurang dari 1 jam setelah beraksi. Dia masuk TK dengan memanjat tembok lalu menyemprotkan cairan sodium hidroksida ke para korban.

Menurut keterangan pejabat pemerintah kota Kaiyuan, 51 siswa dan tiga guru dilarikan ke rumah sakit. Dua di antaranya mengalami luka bakar parah.

Dijelaskan, motif penyerangan ini adalah tekanan psikologis karena keluarga pelaku berantakan.

"Karena orangtuanya bercerai saat dia masih kecil, tak adanya kehangatan keluarga menyebabkan tekanan psikologis," kata pejabat, seraya menambahkan kondisi pekerjaan dan kehidupan pelaku juga berantakan, dikutip dari AFP, Selasa (12/11/2019).

Kondisi tersebut menyebabkan mental pelaku pesimistis dan memunculkan pikiran balas dendam sosial.

Kekerasan menargetkan anak sekolah bukan hal baru di China. Pada April, seorang pria berusia 28 tahun menikam siswa sekolah menengah yang dalam perjalanan pulang, menewaskan sembilan orang.

Pelaku mengatakan aksinya itu sebagai balas dendam karena di-bully saat bersekolah di Provinsi Shaanxi. Dia dihukum mati pada September 2018.

Pada 2018, seorang perempuan berusia 39 tahun melukai 14 anak-anak di sebuah TK Provinsi Sichuan.


Editor : Anton Suhartono