Protes soal Yerusalem, 17 Warga Palestina Luka Ditembak Israel

Anton Suhartono ยท Kamis, 07 Desember 2017 - 21:01 WIB
Protes soal Yerusalem, 17 Warga Palestina Luka Ditembak Israel

Seorang warga Palestina berlindung dari tembakan tentara Israel dalam unjuk rasa di Ramallah, Tepi Barat, Kamis 7 Desember (Foto: Reuters)

HEBRON, iNews.id - Sebanyak 17 warga Palestina mengalami luka dalam bentrokan dengan tentara Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza, Kamis (7/12/2017). Mereka terkena tembakan tentara Israel dalam unjuk rasa memprotes pengakuan sepihak Amerika Serikat atas status Yerusalem.

Di Kota Hebron dan Al Bireh, Tepi Barat, ribuah warga Palestina meneriakkan "Yerusalem adalah ibu kota Negara Palestina." Bentrokan tak bisa dihindari, sementara warga Palestina hanya bisa melempari tentara Israel dengan batu.

Petugas medis Palestina menyebutkan, seorang pengunjuk rasa terkena tembakan peluru tajam dan 14 lainnya terkena peluru karet pasukan Israel. Selain bersenjata lengkap, tentara Israel juga menggunakan pakaian antihuru-hara untuk menghindari efek lemparan batu pengunjuk rasa.

Sementara itu di Jalur Gaza, puluhan pengunjuk rasa berkumpul dekat perbatasan dengan Israel. Bentrokan tidak bisa dihindari, aksi pelemparan batu yang dibalas dengan tembakan pun terjadi.

Dua pengunjuk rasa terkena tembakan, seorang di antaranya dalam kondisi kritis.

Sejauh ini militer Israel belum memberikan komentar terkait bentrok pascapengakuan status Yerusalem oleh AS.

Editor : Anton Suhartono