Rahasia Mahathir Tetap Bugar di Usia 93 Tahun, Tidur Siang 5 Menit

Antara, Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 18:04 WIB
Rahasia Mahathir Tetap Bugar di Usia 93 Tahun, Tidur Siang 5 Menit

Mahathir Mohamad (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Mahathir Mohamad merupakan kepala negara tertua di dunia saat dilantik, yakni di usia 92 tahun. Meski usianya mendekati 1 abad, Mahathir tetap fit memimpin Malaysia.

Lantas apa yang membuat pria yang sudah menjabat perdana menteri sejak 1980 itu tetap sehat? Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee bin Malik mengungkap rahasia hidup sehat Mahathir.

"Perdana Menteri Mahathir memberikan sejumlah kiat-kiatnya kepada saya, bagaimana hidup sehat. Tidak hanya makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang," ujar Maszlee, di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Kiat pertama, kata dia, tidak tidur lama. Saat usia menua atau setelah pensiun, banyak orang menggunakan waktu luang untuk tidur. Namun Mahathir berbeda, dia tidak menggunakannya untuk tidur meskipun keinginan untuk itu sangat kuat.

Dia menjelaskan, Mahathir meluangkan waktu tidur lima menit di siang hari untuk memulihkan energi sehingga bisa bugar dan sehat.

Hal lain adalah menghindari stres seberat apa pun beban atau tugas yang harus dikerjakan.

"Jangan stres. Perdana Mahathir ketika ada kasus besar kemarin pun, dia tidak stres," kata dia.

Maszlee pernah ke kantor Mahathir dan mendapati tumpukan dokumen di meja. Kepada Maszlee, Mahathir mengaku tidak stres. Bahkan Mahathir mengungkap dia malah stres jika tidak bekerja.

Dia melanjutkan, Mahathir sudah berada di kantor pukul 08.00 dan kembali ke rumah 12 jam kemudian.

Kiat kedua, lanjut Maszlee, rajin membaca buku, terutama jenis fiksi. Bahkan saat Mahathir cuti selama enam hari, dia tetap membaca buku.

Untuk itulah, Pemerintah Malaysia ingin membudayakan membaca pada generasi muda.

"Saat ini, kami juga menitikberatkan isu nilai. Mahathir ketika berkunjung ke Indonesia berbincang dengan Presiden Jokowi selama dua jam, juga membicarakan masalah nilai ini. Pendidikan harus bisa mengubah generasi mendatang yang mempunyai komitmen, integritas, amanah, saling menghargai," tuturnya.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-93, Ini Rahasia Mahathir Mohamad Tetap Sehat

Saat ultah ke-93 pada Juli 2018, Mahathir sempat berbagi rahasia, apa yang membuatnya kuat. Dia menekankan pentingnya menjaga gaya hidup aktif, bahkan setelah usia pensiun.

“Saya lebih memilih untuk beristirahat, tentu saja, tetapi saya ingin menyarankan orang-orang untuk tidak beristirahat ketika mereka tua,” katanya, saat itu.

Dia menjelaskan, otot akan memburuk jika tidak digunakan kerja. Untuk itu, sangat penting untuk tetap bergerak dan aktif di usia senja.

Meski berada di usia senja, Mahathir melakukan banyak gebrakan sejak dilantik pada Mei 2018. Dia memikul tanggung jawab berat untuk membuat Malaysia bebas korupsi terkait kasus penyalahgunaan dana 1MDB.


Editor : Anton Suhartono