Rekor, Lukisan 'Tumpukan Jerami' Ini Terjual Rp1,6 Triliun dalam Lelang

Anton Suhartono ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 05:03 WIB
Rekor, Lukisan 'Tumpukan Jerami' Ini Terjual Rp1,6 Triliun dalam Lelang

Lukisan tumpukan jerami Claude Monet dipamerkan Sotheby sebelum lelang di New York (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Lukisan 'Tumpukan Jerami' atau 'Maules' hasil karya seniman impresionis Prancis, Claude Monet, terjual dengan harga fantastis, yakni 110,7 juta dolar AS atau sekitar Rp1,6 triliun dalam lelang yang digelar Sotheby di New York, Amerika Serikat, Selasa (14/5/2019).

Penjualan ini menempatkan 'Maules' masuk dalam jajaran 10 besar lukisan termahal yang dijual di ajang lelang Sotheby. Tak hanya itu, Maules menjadi lukisan impresionis pertama yang nilainya mampu melampaui 100 juta dolar AS.

Monet melukis 25 komposisi Maules selama musim dingin pada 1890 sampai 1891 di rumahnya di Giverny, Normandia, Prancis.

Di setiap bagian, Monet menunjukkan cahaya serta latar belakang lingkungan sama meski waktunya berubah serta musim dan cuaca bervariasi.

Lukisan lain dari seri Maules terjual pada November 2016 oleh Rumah Lelang Christie di New York dengan harga 81,4 juta dolar AS. Namun karya yang dijual di Sotheby paling mudah dikenali.

"Kami merasa dan berpikir orang-orang yang berdiri di depan lukisan ini akan sangat setuju bahwa ini merupakan contoh yang lebih baik (daripada yang dijual pada 2016)," kata Julian Dawes, dari Sotheby, dikutip dari AFP, Rabu (15/5/2019).

"Ini memesona. Anda tidak bisa memalingkan wajah," katanya lagi.

Pemilik lulisan sebelumnya merupakan kolektor anonim yang mendapatkannya dalam lelang Christie pada 1986. Saat itu dia membelinya dengan harga hanya 2,5 juta dolar AS.

Rekor penjualan terakhir lukisan Monet terjadi pada Mei 2018 dalam lelang Christie, ketika "Nympheas en fleur" (Water Lilies in Bloom) terjual 84,6 juta dolar AS.


Editor : Anton Suhartono