Rekor, Sepasang Buah Mangga Terjual Rp63 Juta di Jepang

Anton Suhartono ยท Senin, 08 April 2019 - 17:08:00 WIB
Rekor, Sepasang Buah Mangga Terjual Rp63 Juta di Jepang
Mangga-mangga yang dilelang di Miyazaki (Foto: Kyodo)

MIYAZAKI, iNews.id - Sepasang mangga hasil perkebunan di Prefektur Miyazaki, Jepang, terjual dengan rekor tertinggi yakni 500.000 yen atau sekitar Rp63 juta dalam lelang di pasar grosir setempat, Senin (8/4/2019).

Angka itu mengalahkan harga sepasang mangga sebelumnya yang terjual 400.000 yen dalam lelang.

Gemuruh memenuhi pasar saat harga pemenang diumumkan. Pembelinya merupakan perusahaan grosir buah-buahan di Miayazaki.

Mangga yang dijual ini tentunya bukan buah biasa, namun jenis premium yang disebut dengan Taiyo no Tomago atau Telur Matahari.

"Rekor harga yang akan mengangkat mereka para petani mangga," kata Shota Tatemoto, seorang karyawan grosir berusia 35 tahun, dikutip dari The Japan Times.

Pasangan mangga termahal di Jepang itu disajikan dalam sebuah wadah dengan berat sekitar 1 kilogram. Rencananya, pemenang lelang akan menjual kembali dua mangga tersebut di department store Kota Fukuoka.

Federasi Perkebunan Ekonomi Miyazaki menyatakan, untuk bisa dijual dalam ajang lelang, mangga-mangga yang disodorkan para petani harus memenuhi kriteria ketat, seperti beratnya paling tidak 350 gram per buah, memiliki kandungan gula tinggi, serta lebih dari setengah permukaan kulitnya harus tertutup dengan warga merah terang.

Federasi mengharapkan musim pengiriman utama petani mencapai puncaknya antara pertengahan Mei dan pertengahan Juni.

Editor : Anton Suhartono