Remaja 18 Tahun Ini Melahirkan saat Ujian Fisika

Anton Suhartono ยท Sabtu, 20 Juli 2019 - 08:35 WIB
Remaja 18 Tahun Ini Melahirkan saat Ujian Fisika

Remaja 18 tahun di Guinea melahirkan saat ujian diploma mata kuliah fisika (Foto: SABC News)

CONAKRY, iNews.id - Remaja berusia 18 tahun warga Kota Mamou, Guinea, melahirkan saat dia mengikuti ujian di kampus diploma belum lama ini.

Perempuan bernama Fatoumata Kourouma Conde itu sudah merasakan akan melahirkan saat mengerjakan soal fisika. Dia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh pihak kampus.

Conde hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk proses persalinan. Hebatnya lagi, setelah 40 menit menjalani perawatan, dia kembali ke kampus untuk melanjutkan mengerjakan soal. Ulahnya itu jelas saja membuat kaget rumah sakit, sekolah, bahkan keluarganya.

Kisah Conde ini dibeberkan oleh media lokal dan dibenarkan kepala pusat penyelanggara ujian diploma Guinea, Mohamed Diakite.

Conde mengatakan, dia sengaja tidak memberi tahu siapa pun, termasuk suaminya, bahwa waktu persalinan sudah dekat. Pasalnya dia tak ingin mengulang untuk ujian di tahun depan.

"Saya takut mereka meminta saya tetap di rumah atau pergi ke dokter. Saya tidak bisa membayangkan harus melewatkan satu ujian untuk sarjana muda ini, padahal sudah belajar setahun penuh," katanya, dikutip dari AFP, Sabtu (20/7/2019).

Seorang kerabat mengatakan, suami Conde yang juga polisi bangga dengan kegigihan istrinya. Dia menyebut istrinya sebagai perempuan hebat.

"Semua orang di Mamou mengucapkan selamat kepada mereka, kami berdoa agar Fatoumata mendapatkan gelar sarjana muda," kata kerabat itu, seraya menambahkan bayi laki-laki Conde diberi nama Espoir yang berarti 'harapan' dalam bahasa Prancis.

Di Guinea, perempuan menikah di usia remja merupakan hal biasa. Namun seorang ibu berusia remaja yang bersekolah bahkan berkarier merupakan hal luar biasa.


Editor : Anton Suhartono