Rusia Denda Aktivis LGBT Rp15 Juta karena Unggah Gambar Keluarga Gay

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 21:03 WIB
Rusia Denda Aktivis LGBT Rp15 Juta karena Unggah Gambar Keluarga Gay

Bendera Rusia (ilustrasi). (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id – Pengadilan Rusia pada Jumat (10/7/2020) ini mendenda aktivis LGBT Yulia Tsvetkova senilai 75.000 rubel (Rp15,3 juta). Tsvetkova dihukum karena mengunggah sejumlah gambar propaganda keluarga gay di media sosial.

AFP melansir, hukuman denda itu dijatuhkan oleh Pengadilan di Komsomolsk-On-Amur, sebuah kota yang terletak di wilayah timur Rusia. Tsvetkova dianggap bertujuan memengaruhi atau meracuni pikiran anak di bawah umur lewat gambar-gambar yang dia unggah tersebut.

Salah satu gambar itu menunjukkan pasangan gay dengan “anak-anak” mereka. Gambar lainnya menampilkan kucing berwarna pelangi. Seperti diketahui, warna pelangi selama ini kerap dijadikan sebagai simbol atau bendera kaum LGBT. Tak hanya itu, Tsvetkova juga mengunggah gambar matryoshka (boneka kayu khas Rusia) dengan jenis kelamin sama sedang berpegangan tangan.

Dalam kesaksiannya di pengadilan, Tsvetkova mengklaim gambar-gambar yang dia unggah di Facebook itu ditujukan pada orang-orang dewasa pengguna media sosial. Dia juga telah menandai unggahannya itu dengan 18+ atau hanya untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Perempuan berusia 27 tahun itu juga menghadapi persidangan pidana dengan tuduhan pelanggaran pornografi atas gambar-gambar kemaluan perempuan yang dia unggah secara daring. Jika terbukti bersalah, dia akan menghadapi hukuman enam tahun penjara.

Rusia memang melarang keras perilaku gay dan sejenisnya. Undang-Undang Anti-LGBT yang ditandatangani Presiden Vladimir Putin pada 2013 membuat para pelaku maupun pembela LGBT di sana tak bisa bernapas lega.

Rusia pada bulan ini telah menambahkan frasa pada konstitusinya yang mengatakan bahwa definisi pernikahan hanya antara seorang lelaki dan seorang perempuan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil