Saudi dan Uni Emirat Dukung AS Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 14:33:00 WIB
Saudi dan Uni Emirat Dukung AS Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran
Presiden AS Donald Trump dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi mendukung keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran 2015. Dilaporkan Saudi Press Agency, Saudi menyambut pemberlakuan kembali sanksi terhadap Iran yang sempat dihentikan setelah kesepakatan dibuat.

Dikutip dari Khaleej Times, Rabu (9/5/2018), pada awalnya Kerajaan Saudi mendukung kesepakatan antara Iran dengan enam negara lain untuk membatasi pengembangan senjata pemusnah massal di Timur Tengah dan dunia. Namun Iran diduga mengeksploitasi keuntungan ekonomi dari kesepakatan tersebut untuk mengacaukan Timur Tengah.

Saudi juga menegaskan akan melanjutkan kerja sama dengan AS dan mitra lainnya untuk mengatasi ancaman kebijakan Iran terhadap keamanan dan perdamaian internasional.

Selain Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) juga mengumumkan dukungannya terhadap keputusan Trump tersebut. Dukungan ini disertai berbagai alasan, salah satunya, perjanjian tersebut tidak menjamin Iran akan menahan diri dari pengembangan senjata nuklir di masa depan.

UAE menerima strategi Trump terkait hal tersebut.

Kepada negara-negara yang menjadi pihak dalam kesepakatan serta masyarakat internasional, Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional UEA menyatakan agar mereka mendukung keputusan Trump menjadikan Timur Tengah sebagai zona bebas senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lain, demi menjaga keamanan dan stabilitas global.

Trump mengumumkan AS menarik dari perjanjian nuklir Iran, Selasa (9/5/2018) WIB. Kendati demikian, Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan Iran akan tetap dalam kesepakatan dengan lima negara lain, yakni Rusia, China, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Rouhani juga mengatakan akan memulai kembali pengayaan uranium di negaranya.

Editor : Nathania Riris Michico