Saudi Gelar Event Olahraga Internasional selama Sebulan, Ada Balap Formula E dan Tinju

Anton Suhartono ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 11:08 WIB
Saudi Gelar Event Olahraga Internasional selama Sebulan, Ada Balap Formula E dan Tinju

Diriyah Seasons Arab Saudi tahun ini kembali dimeriahkan dengan balap Formula E (Foto: Formula E)

RIYADH, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi terus berupaya menarik wisatawan mancanegara. Setelah mengeluarkan visa turis untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 28 September lalu, Saudi melonggarkan aturan bagi turis asing, seperti dalam berpakaian dan menyewa kamar hotel.

Selain itu, berbagai acara internasional juga digelar untuk menarik perhatian mata dunia, seperti yang akan digelar pada November hingga Desember 2019.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Arab Saudi Terbitkan Visa Turis Mulai Sabtu 28 September

Kepala Otoritas Olahraga Umum Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal mengajak semua kalangan untuk menjadi saksi sebuah perhelatan beberapa cabang olahraga berskala internasional. Acara tersebut akan dihelat di Diriyah Seasons, festival bagian dari Saudi Seasons yang akan berlangsung pada 22 November hingga 21 Desember 2019 di beberapa wilayah Saudi. Ada 11 festival yang akan digelar selama sebulan penuh itu.

Pada acara ini ada beberapa event olahraga, seperti balap mobil listrik Formula E, tenis, berkuda, dan tinju.

Di bawah arahan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Saudi Seasons digelar melibatkan Kementerian Kebudayaan, Otoritas Hiburan Umum, Otoritas Olahraga Umum, dan Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH).

Tujuan utama dari acara ini adalah membuka jalan untuk memperkenalkan pariwisata berstandar tinggi di Arab Saudi serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Untuk balap mobil listrik Formula E ini merupakan tahun kedua. Pangeran Abdulaziz berharap kesuksesan balap Formula E dalam rangkapan Diriyah Seasons tahun lalu terulang lagi, bahkan lebih baik lagi. Pengambilan lokasi di Diriyah bukan tanpa alasan. Tempat tersebut merupakan rumah bagi situs bersejarah yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga: Terbitkan Visa Turis, Saudi Perlonggar Aturan Berpakaian bagi Perempuan Asing

"Keberhasilan besar Formula E Diriyah tahun lalu mendorong kami untuk membawa Diriyah ke tingkat berbeda selama Diriyah Seasons tahun ini. Di mana lagi di dunia ini Anda dapat menemukan perpaduan epik dari masa lalu, sekarang, dan masa depan? Tangan kami terbuka dan menyambut dengan lebih hangat," ujarnya, seperti dikutip dalam pernyataan, Senin (7/10/2019).

Balap Formula E akan diadakan pada 22-23 November, dengan dua kompetisi pada akhir pekan. Mercedes Benz dan Porsche akan ambil bagian untuk pertama kalinya dalam Formula E.

"Hari ini, setahun setelah menyelenggarakan Formula E di Arab Saudi, ambisi kami menjadi lebih besar, demikian pula dengan impian kami," ujarnya.

(Diriyah Seasons Arab Saudi tahun ini kembali dimeriahkan dengan balap Formula E/Formula E)

CEO CBX Carlo Boutagi mengatakan, popularitas motorsport dan Formula E semakin tinggi dari tahun ke tahun di Arab Saudi.

"Kami berharap bisa melihat Formula E di tiga malam yang bersejarah selama Diriyah Seasons," katanya.

Pembalap Porsche Andre Lotterer mengatakan sangat menantikan balapan di situs bersejarah itu.

"Sangat menyenangkan bisa kembali di Diriyah, balapan tahun lalu sangat mengesankan, semua peserta menikmati balap di sini dan kami menantikan tahun ini," katanya.

Selain itu Pangeran Abdulaziz juga mengumumkan Diriyah Tennis Cup pada 12-14 Desember yang menampilkan delapan petenis terbaik dunia.

"Ini sebagai sumber inspirasi bagi para pemuda untuk lebih banyak berolahraga dan bermain tenis," tuturnya.

Pertandingan tenis menghadirkan bintang-bintang dunia seperti petenis Rusia Daniel Medvedev, pemain Belgia David Goffin, pemain Prancis Lucas Pouille, dan pemain asal Italia Fabio Fognini.

Sementara itu pertandingan tinju akan menyajikan kelas berat pada 7 Desember dan merupakan pertama kalinya di Saudi. Petinju Andy Ruiz dan Anthony Joshua akan merebut gelar kelas berat terpadu, WBC, WBA, IBO, WBO.

Acara berkuda akan diikuti 150 joki laki-laki dan perempuan. Para atlet Saudi akan menguji keandalan mereka menghadapi bintang-bintang internasional pada 12-14 Desember dan 19-21 Desember.

Pemenang akan mendapatkan poin kualifikasi dalam upaya mereka bersaing di Olimpiade Tokyo. Lapangan berkuda dapat menampung 15.000 penonton.


Editor : Anton Suhartono