Saudi Gelar Kompetisi MTQ dan Azan Internasional Berhadiah Puluhan Miliar Rupiah

Anton Suhartono ยท Senin, 22 Juli 2019 - 14:54 WIB
Saudi Gelar Kompetisi MTQ dan Azan Internasional Berhadiah Puluhan Miliar Rupiah

Pemerintah Arab Saudi menggelar kompetisi Alquran dan azan berhadiah puluhan miliar rupiah (Foto: Quranathanawards)

RIYADH, iNews.id - Otoritas Umum untuk Hiburan Arab Saudi senang kompetisi Alquran dan azan mendapat respons positif. Kompetisi yang akan digelar pada Agustus dan September mendatang diikuti oleh lebih dari 21.000 peserta asal 162 negara.

Ini merupakan pencapaian yang besar untuk kompetisi sejak pertama kali dicetuskan Turki Al Sheikh, ketua dewan direksi pada pada awal 2019,

"Kompetisi ini digelar untuk memberikan pengalaman mengenai keragaman budaya dunia Islam, yang tercermin dalam metode membaca Alquran dan azan serta memperkuat citra dan status Islam dan muslim internasional," demikian pernyataan Otoritas Umum untuk Hiburan Saudi, yang diterima iNews.id.

Berdasarkan data statistik, ada peningkatan besar dalam jumlah pendaftar yang berpartisipasi dalam kompetisi, yakni lebih dari 21.000 peserta. Padahal, pada tahap awal, jumlah peserta tercatat 11.000, sementara saat ini jumlahnya meningkat 9.000 orang. Pendaftaran masih akan dibuka hingga akhir Juli.

Pendaftaran dilakukan melalui situs web, diikuti oleh fase seleksi yang digelar pada 24 Juli hingga 23 Agustus.

Setelah itu, peserta melaui tahap penjurian dan pertunjukan dari 24 Agustus hingga 24 September, serta 25 Oktober.

Pemenang pertama kontes Alquran akan mendapat hadiah 5 juta riyal atau sekitar Rp18,2 miliar, sedangkan pemenang pertama azan mendapat 2 juta riyal atau sekitar Rp7,3 miliar.

Bagi yang ingin mendaftar kompetisi serta mengetahui informasi mengenai persyaratannya dapat mengunjungi situs web Quranathanawards.com.


Editor : Anton Suhartono