Saudi Sambut Keputusan AS Masukkan Garda Revolusi Iran sebagai Teroris

Anton Suhartono ยท Selasa, 09 April 2019 - 16:03 WIB
Saudi Sambut Keputusan AS Masukkan Garda Revolusi Iran sebagai Teroris

Pasukan Garda Revolusi Iran (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi menyambut keputusan Amerika Serikat (AS) yang memasukkan pasukan elite Garda Revolusi Iran dalam daftar organisasi teroris.

Sumber di kementerian luar negeri Saudi mengatakan, keputusan itu sejalan dengan seruan kerajaan soal peran Iran dalam mendukung terorisme.

Baca Juga: Pertama Dalam Sejarah, AS Resmi Nyatakan Garda Revolusi Iran Teroris

"Keputusan AS (menyusul) permintaan kerajaan yang disampaikan berulang kali kepada masyarakat internasional terkait masalah dukungan Iran terhadap terorisme," kata sumber, dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Selasa (9/4/2019).

Dia menyebut langkah AS itu langkah praktis dan serius dalam menekan campur tangan Iran di kawasan Timur Tengah.

Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada 2016 sebagai protes atas pembakaran kantor kedubesnya oleh demonstran Iran yang marah atas eksekusi ulama Syiah terkemuka.

Ini merupakan pertama kalinya AS memasukkan pasukan elite sebuah negara masuk dalam daftar organisasi teroris. Artinya, siapa pun yang berurusan dengan Garda Revolusi Iran bisa dipenjara di AS.

Presiden Donald Trump menyebut kesatuan yang memiliki sekitar 125.000 tentara itu menjadi alat utama Iran dalam melaksanakan kampanye teroris global.

Sementara itu Iran merespons dengan memasukkan Pusat Komando AS sebagai organisasi teroris. Komando ini berpengaruh pada kekuatan AS di Timur Tengah.


Editor : Anton Suhartono