Saudi Tepis Laporan Media soal Peretasan Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos

Anton Suhartono ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 12:56 WIB
Saudi Tepis Laporan Media soal Peretasan Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos

Jeff Bezos (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Permerintah Arab Saudi menepis laporan media yang menuduh Kerajaan berada di balik peretasan telepon pendiri situs e-commerce Amazon, Jeff Bezos.

Kedutaan Arab Saudi di Amerika Serikat (AS) menyatakan, laporan media tersebut tidak masuk akal.

Laporan The Guardian mengungkap, ponsel salah satu orang terkaya di dunia itu diretas pada 2018 setelah menerima pesan WhatsApp dari nomor pribadi Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Pesan terenkripsi dari nomor yang digunakan MBS diyakini menyertakan file berbahaya yang bisa menyusup ke sistem ponsel Bezos lalu mengambil sejumlah data dalam beberapa jam.

"Laporan media baru-baru ini yang menunjukkan bahwa Kerajaan berada di balik peretasan telepon Jeff Bezos tidak masuk akal. Kami menyerukan penyelidikan atas tuduhan-tuduhan ini sehingga kami dapat mengeluarkan semua fakta," demikian pernyataan Kedutaan Besar Arab Saudi di AS melalui akun Twitter, Rabu (22/1/2020).

Sejauh ini Amazon belum memberikan komentar.

Hubungan antara Bezos dengan Saudi memburuk sejak awal 2019 terkait pembunuhan kontributor The Washington Post, Jamal Khashoggi, di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018.

Seperti diketahui, The Washington Post merupakan surat kabar milik Bezos, sedangkan Khashoggi merupakan pengkritik kebijakan MBS. Khashoggi pindah ke AS sejak 2017 setelah menghadapi teror di negaranya.

Kepala keamanan Bezos pernah mengatakan, Saudi memiliki akses ke telepon bosnya untuk menggali informasi pribadi. Pesan itu di antaranya percakapan antara Bezos dengan perempuan mantan penyiar televisi Lauren Sanchez. Menurut laporan National Enquirer, keduanya tengah berkencan.

Editor : Anton Suhartono