Sebut AS Gengster, Korut Minta Kapal Kargo yang Disita Segera Dikembalikan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 13:34 WIB
Sebut AS Gengster, Korut Minta Kapal Kargo yang Disita Segera Dikembalikan

MV Wise Honest yang disita AS (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) mendesak PBB mengambil langkah mendesak untuk mengembalikan kapal kargo yang disita oleh Amerika Serikat (AS). Pemerintahan Kim Jong Un menyebut penyitaan itu sebagai tindakan keji.

AS menyita kapal M/V Wise Honest yang terdaftar di Korea Utara itu setahun setelah ditahan di Indonesia.

Baca Juga: AS Sita Kapal Kargo Korea Utara yang Ditangkap di Indonesia

Penyitaan ini berlangsung di tengah ketegangan antara kedua negara setelah Pyongyang menguji coba rudal jarak pendek beberapa pekan terakhir.

Dalam surat yang dikirim pada Jumat (17/5/2019) kepada Sekjen PBB Antonio Guterres, Kim Song, dubes Korut untuk PBB, mengatakan insiden tersebut adalah tindakan melanggar hukum dan keterlaluan.

"Tindakan perampasan ini jelas menunjukkan bahwa Amerika Serikat negara gangster yang tidak peduli sama sekali tentang hukum internasional," isi surat itu, seperti dilaporkan kantor berita Korut, KCNA, dan dinukil AFP, Sabtu (18/5/2019).

Kim Song meminta Guterres mengambil langkah mendesak sebagai bentuk kontribusi dalam menciptakan stabilitas di Semenanjung Korea serta membuktikan ketidakberpihakan PBB.

Sebelumnya Korut mengecam penyitaan itu sebagai bentuk penolakan langsung atas semangat pernyataan bersama yang ditandatangani Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan mereka di Singapura pada 12 Juni 2018.

Korut mendapat sanksi di bawah beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB terkait uji coba senjata nuklir dan rudalnya.


Editor : Anton Suhartono