Sedang Renovasi Masjid Al Aqsa, 3 Pegawai Lembaga Wakaf Ditangkap Polisi Israel

Anton Suhartono ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 13:34 WIB
Sedang Renovasi Masjid Al Aqsa, 3 Pegawai Lembaga Wakaf Ditangkap Polisi Israel

Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Polisi Israel memangkap tiga orang yang melakukan perbaikan kecil di halaman kompleks Masjid Al Aqsa, Kamis (13/6/2019). Mereka merupakan pejabat dan pekerja Lembaga Wakaf Keagamaan Yerusalem, lembaga asal Yordania yang diberi amanat untuk menjaga tempat suci di Yerusalem.

Juru bicara otoritas, Firas Al Dibs, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (14/6/2019), mengatakan, tiga orang yang ditangkap itu adalah Bassam Al Hallaq yang juga kepala Komite Rekonstruksi Masjid Al Aqsa; wakil Al Hallaq, Taha Aweida; dan seorang pekerja lainnya.

Al Dibs menyebut tindakan sewenang-wenang tentara langkah Israel itu sebagai bentuk intervensi dalam rekonstruksi tempat suci umat Islam.

Sementara itu kepolisian Israel belum mengomentari perkembangan tersebut.

Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Orang-orang Yahudi juga menganggap Al Aqsa sebagai tempat suci. Mereka menyebutnya sebagai situs kuil Yahudi di zaman lampau.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al Aqsa berada, dalam Perang Arab-Israel pada 1967. Negara Yahudi itu lalu mencaplok seluruh bagian kota pada 1980 dan mengklaimnya sebagai ibu kota negara abadi yang tak bisa dibagi.


Editor : Anton Suhartono