Sejarah Tercipta di Balik Kemenangan Biden-Harris di Pilpres AS, Nomor 1 Ungguli Rekor Obama

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 08 November 2020 - 10:35:00 WIB
Sejarah Tercipta di Balik Kemenangan Biden-Harris di Pilpres AS, Nomor 1 Ungguli Rekor Obama
Joe Biden dan Kamala Harris memenangkan Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020 menelurkan sejumlah sejarah baru dalam pesta demokrasi Negeri Paman Sam. Salah satunya, Biden jadi capres yang memperoleh suara terbanyak dalam sejarah Pilpres AS.

Biden mengalahkan capres petahana, Donald Trump, dalam Pilpres AS setelah meraih suara mayoritas di negara bagian Pennsylvania, Minggu (8/11/2020) dini hari WIB. Dari data yang dilansir Reuters dan AFP, Biden berhasil mengumpulkan 290 suara elektoral unggul jauh dari Trump yang memperoleh 214 suara elektoral.

Kemenangan Biden di pilpres tahun ini melewati rekor yang pernah diukir pendahulunya, Barack Obama, dalam pilpres 2008. Selain itu, pasangan Biden dan cawapres Kamala Harris juga menorehkan catatan baru lainnya dalam sejarah Pilpres Amerika Serikat.

Berikut sejarah baru tercipta usai Joe Biden menang Pilpres AS 2020

1. Perolehan suara populer terbanyak

Sampai berita ini diturunkan, Biden telah memperoleh 75.096.433 suara populer di seluruh Amerika Serikat dari total sekitar 165 juta suara yang dihitung. Jumlah tersebut membawa Biden meraih 290 suara elektoral dari 25 negara bagian yang dia menangkan.

Perolehan suara populer Biden masih berpeluang bertambah karena masih ada tiga negara bagian yang belum merampungkan perhitungan suara yakni Alaska, Georgia, dan North Carolina.

Angka tersebut melampaui rekor Barack Obama pada pilpres 2008 yang mengumpulkan 69,4 juta suara untuk menang.

2. Presiden Tertua dalam Sejarah AS

Editor : Arif Budiwinarto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda