Sepasang Dokter di AS Didakwa Bocorkan Data Kesehatan Pasien Militer ke Rusia

Umaya Khusniah ยท Jumat, 30 September 2022 - 10:22:00 WIB
Sepasang Dokter di AS Didakwa Bocorkan Data Kesehatan Pasien Militer ke Rusia
Jamie Lee Henry dan istrinya Dr. Anna Gabrielian. (Foto: lawandcrime)

WASHINGTON, iNews.id - Mantan mayor Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) yang juga dokter dan istrinya, ahli anestesi didakwa pidana karena bersekongkol membocorkan data perawatan kesehatan pasien militer ke Rusia. Pernyataan itu disampaikan Kementerian Kehakiman AS pada Kamis (29/9/2022). 

Jamie Lee Henry yang merupakan dokter di Bragg, North Carolina, dan istrinya, Dr. Anna Gabrielian didakwa di Pengadilan Federal di Maryland. Henry merupakan wanita transgender sejak 2015, namun dalam dakwaan, dia tetap dikategorikan pria. 

Pengacara Henry, David Little menolak mengomentari tuduhan itu. Namun dia mengatakan kliennya menjalani tahanan rumah.

Dilansir dari Reuters, berdasar surat dakwaan, dijelasakan setelah Presiden Vladimir Putin menginvasi Ukraina pada Februari, pasangan tersebut berusaha membantu Rusia. Data yang mereka berikan membantu rezim Putin mendapatkan wawasan tentang kondisi medis individu yang terkait dengan pemerintah dan militer AS.

"Pasangan itu bertemu dengan seseorang yang mereka yakini sebagai pejabat Rusia, tetapi sebenarnya adalah agen FBI yang menyamar," tulis surat dakwaan.

Di sebuah hotel di Baltimore pada 17 Agustus, Gabrielian mengatakan kepada agen yang menyamar, bahwa dia termotivasi oleh patriotisme terhadap Rusia. Dia akan memberikan bantuan apa pun sebisanyan ke Rusia. 

"Bahkan jika itu berarti dipecat atau dipenjara," kata dakwaan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda