Serangan Udara Rusia Tewaskan Wanita dan Anak di Suriah

Umaya Khusniah ยท Minggu, 02 Januari 2022 - 11:55:00 WIB
Serangan Udara Rusia Tewaskan Wanita dan Anak di Suriah
Serangan udara Rusia menyasar permukiman sipil di Desa Nehrulabyad, Provinsi Idlib, barat laut Suriah. (Foto: Reuters)

IDLIB, iNews.id - Serangan udara Rusia menyasar permukiman sipil di Desa Nehrulabyad, Provinsi Idlib, barat laut Suriah. Dua warga sipil tewas dan 10 lainnya luka. 

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (1/1/2022). Daerah itu dikuasai oleh oposisi di mana gencatan senjata seharusnya dilakukan.

"Serangan udara itu dilakukan oleh pesawat tempur Rusia yang lepas landas dari Pangkalan Udara Khmeimim di pedesaan Latakia di Suriah barat," kata observatorium pesawat oposisi Suriah.

Sumber di Pertahanan Sipil Suriah (White Helmets) mengatakan, dua warga sipil terdiri atas wanita dan anak tewas. Sementara korban luka luka dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh tim pertahanan sipil.

Pada Mei 2017, Turki, Rusia, dan Iran mengaku telah mencapai kesepakatan untuk membentuk zona de-eskalasi di Idlib. Hal itu sebagai bagian dari pertemuan Astana terkait dengan krisis Suriah.

Namun, setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin sepakat untuk gencatan senjata baru di Idlib untuk mengakhiri permusuhan dan serangan terhadap warga sipil pada 5 Maret 2020, de-eskalasi efektif terjadi. Kecuali penembakan sporadis yang oleh rezim dan kekuatan lainnya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda