Siprus Tenggelamkan Kapal Kargo Sepanjang 63 Meter untuk Bikin Terumbu Karang Buatan

Anton Suhartono ยท Senin, 09 Desember 2019 - 14:37 WIB
Siprus Tenggelamkan Kapal Kargo Sepanjang 63 Meter untuk Bikin Terumbu Karang Buatan

Siprus menenggelamkan kapal kargo sepanjang 63 meter untuk dijadikan terumbu karang buatan (Foto: The Straits Times)

NIKOSIA, iNews.id - Siprus menenggelamkan kapal kargo sepanjang 63 meter, Sabtu (7/12/2019), untuk dijadikan sebagai terumbu karang buatan.

Menteri Pertanian Pembangunan Perdesaan dan Lingkungan Siprus, Costas Kadis, mengatakan, tujuan proyek ini adalah mengembangkan kehidupan laut di tengah ancaman kepunahan sebagai dampak perubahan iklim.

Alasan lain untuk menarik perhatian penyelam dari luar negeri untuk berkunjung ke negara yang masih berada di kawasan Timur Tengah itu.

"Kita berbicara tentang proyek pembangunan berkelanjutan khusus yang berkontribusi pada pengayaan dan perlindungan keanekaragaman hayati laut dan pada saat yang sama pengayaan produk wisata dan kegiatan ekonomi daerah secara berkelanjutan," kata Kadis, dikutip dari Reuters, Senin (9/12/2019).

Kapal yang ditenggelamkan bernama Elpida. Sementara kedalaman dasar laut lokasi Elpida dikaramkan adalah 30 meter, sekitar 2 kilometer dari Hotel, Kota Lanarca.

Otoritas Siprus juga akan menenggelamkan kapal-kapal kecil lainnya di sekitar Elpida dalam beberapa hari mendatang.

Proyek ini 75 persen dibiayai oleh Uni Eropa dan 25 persen oleh Republik Siprus melalui Dana Kelautan dan Perikanan Eropa 2014-2020.

Saat penenggelaman, aktivitas penyelaman di lokasi dihentikan serta kapal-kapal lain tidak diizinkan melintas di sekitar lokasi untuk alasan keamanan.

Selain di Lanarca, Siprus telah menenggelamkan sejumlah kapal di lepas pantai juga untuk membuat terumbu karang buatan, termasuk di lepas pantai Dasoudi dan Amathus di Limassol serta di laut lepas Protaras dan Geroskipou.

Editor : Anton Suhartono